Efek Samping Obat Sesak Nafas, Salbutamol

Dokter biasa meresepkan obat dengan tetap memperhatikan banyak hal. Mulai dari gejala, lama penyakit, adanya alergi terhadap obat-obatan tertentu hingga komplikasi yang mungkkin terjadi. Untuk pasien sesak nafas, terkadang obat yang diresepkan cukup beragam. Namun ada salah satu obat yang cukup akrab didengar, yaitu obat Salbutamol. Salbutamol tergolong dalam obat bronkodilator yang merupakan golongan selektif beta 2 adrenergik agonis.

Obat Salbutamol secara spesifik bekerja pada reseptor beta 2 adrenergik yang terdapat pada otot polos bronkus untuk secara langsung menimbulkan efek relaksasi pada otot polos bronkus. Salbutamol setelah diminum, akan dapat langsung bekerja setelah 15 menit. Indikasi penggunaan Salbutamol adalah untuk relaksasi Bronkus yang mana pada saat tertentu dapat menimbulkan sesak nafas. Salbutamol cukup efektif untuk mengatasi gejala sesak napas yang timbul akibat adanya penyempitan bronkus seperti pada penyakit asma bronkial, bronkitis asmatis dan emfisema paru, baik untuk penggunaan akut maupun kronik.

Obat salbutamol tidak boleh digunakan pada penderita yang telah diketahui mempunyai riwayat hipersensitif terhadap komponen salbutamol. Maka baiknya ditanyakan ke pasien terlebih dahulu apakah punya alergi obat tertentu atau tidak.

Secara umum, Salbutamol tidak begitu menimbulkan reaksi berlebih. Kendati demikian ternyata ada beberapa kasus timbulnya efek samping meskipun tidak banyak. Efek samping Salbutamol yang bisa saja terjadi diantaranya tremor (gemetar), sakit kepala, pusing mual, muntah, batuk, keram otot, reaksi alergi, mulut kering, dan berkeringat.

Salbutamol tersedia dalam sediaan tablet, sirup dan inhalasi. Jika di ruang paru-paru Rumah Sakit, sering dijumpai obat yang bernama Ventolin. Bentuknya cair dan untuk mengonsumsinya memerlukan Nebulizer agar obat tersebut berubah menjadi asap kemudian dihirup. Ada pula tablet yang dikemas dalam dosis 2 mg dan 4 mg.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker