Diet Sehat Setelah Melahirkan Agar Berat Badan Kembali Ideal

Salah satu hal yang diidam-idamkan oleh seorang ibu muda yang baru saja melahirkan adalah berat badan cepat turun menjadi ideal seperti sedia kala. Diet sehat setelah melahirkan sebenarnya cukup mudah. Namun kembali lagi kepada faktor ibu, apakah memang mau diet secara sehat atau mau secara ekstrim. Banyak wanita karir yang takut untuk melahirkan, mulai dari takut tubuhnya tidak seksi lagi dan juga takutnya karirnya tersendat karena harus menyusui dan lain sebagainya.

Beberapa trik diet sehat setelah melahirkan, bisa dicoba beberapa hal berikut ini:

Muat Lebih

Rutin berolahraga
Olahraga setelah melahirkan ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan terdekat. Hal ini untuk memastikan bahwa kondisi tubuh ibu sudah kuat untuk melakukannya. Olahraga ringan yang bisa dilakukan secara rutin misalnya menggendong bayi atau dengan jalan-jalan bersama si kecil sembari mendorong kereta bayi.

Makan secukupnya, jangan berlebihan
Menyusui bukan berarti harus makan dengan porsi yang sangat banyak. Poin intinya adalah sumber nutrisi yang menunjang untuk produksi ASI itulah yang penting. Tentunya komposisi antara karbohidrat, protein, vitamin dan mineral harus tercukupi.

Menyusui si kecil
Memberikan Air Susu Ibu bukan hanya menjadi solusi terbaik untuk para bayi, tetapi kegiatan menyusui akan membantu ibu baru untuk diet sehat menurunkan berat badan.

Tidak bermalas-malasan
Salah satu faktor yang menjadikan seorang ibu kesulitan menguruskan badan setelah melahirkan adalah kegiatannya yang monoton dan tidak aktif. Setiap hari hanya menonton Tv dan bersantai. Mencuci pun sekarang sudah ada mesin cuci, memasak dan sebagainya sudah ada pembantu. Padahal, melakukan aktivitas fisik di rumah yang berkenaan dengan tugas istri akan mendatangkan pahala besar.

Melakukan senam nifas
Manfaatnya sangat banyak, selain melatih fisik untuk bisa segera terbiasa dengan kondisi baru, juga bisa sebagai media ibu merelaksasi semua otot tubuh. Mintalah kepada bidan terdekat untuk mengajarkan senam nifas.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan dalam rangka diet sehat setelah melahirkan agar berat badan mencapai ideal kembali. Sekali lagi yang perlu diingat bahwa jika ingin melakukan kegiatan fisik yang berat, konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan terdekat.

 

Pos terkait