Sholat Sambil Memandang Ke Atas, Awas Buta!

0

Sholat hendaknya dilakukan dengan benar. Ketika sholat kita diwajibkan memenuhi setiap rukun-rukunnya mulai dari wudhu hingga selesai salam. Amat banyak bacaan dan gerakan yang semuanya telah dirinci dalam kitab-kitab hadits. Pada dasarnya, setiap gerakan sholat memiliki makna yang beberapa diberitakan kepada Rosulullah dan diajarkan kepada kita namun sebagian tidak diberitahukan maknanya. Tetapi pada dasarnya, setiap gerakan sholat tersebut tentu bukti penghambaan seorang muslim kepada Penciptanya Yang Mahabijaksana. Sayangnya, memang ada gerakan-gerakan tambahan yang dilarang dalam sholat. Salah satunya adalah memandang ke atas saat sholat.

Memandang ke atas saat sholat amatlah dibenci. Sampai-sampai Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam mengabarkan dalam hadits beliau dengan ancaman yang keras. Ancaman bagi seorang sholat dengan melihat ke atas adalah dibutakan matanya. Hal ini dikaitkan dengan sebuah sikap sombong dan angkuh. Kepada orang tua kita saja kita tidak dibenarkan memandang dengan rasa angkuh, terlebih ini adalah Rajanya seluruh alam semesta.

Memandang ke atas saat sholat tidaklah diperbolehkan sesuai dengan sabda Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam:

“Sungguh hendaknya kaum-kaum itu benar-benar berhenti dari mengangkat pandangan mata mereka ke arah langit ketika berdoa pada waktu sholat atau mata mereka akan disambar (dibutakan).” [HR. Muslim (429) dan An Nasa’i (3/39)]

Oleh karenanya benar bahwa kita diperintahkan untuk berilmu dahulu sebelum melakukan ibadah. Niat hati ingin ibadah tapi justru sebelum ibadah sudah salah duluan. Agar terhindar dari murka Allah akibat menatap ke atas saat sholat, maka yang benar adalah melihatlah ke tempat sujud.

Tinggalkan Komentar