Setelah El Nino, La Nina Akan Hantam Yogyakarta, Warga Harap Waspada

Yogyakarta akan mendapatkan tamu yang spesial di penghujung tahun. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta memprediksi La Nina akan menjenguk Daerah Istimewa Yogyakarta pada Desember 2015. La Nina ini menyebabkan hujan lebat di atas rata-rata.

La Nina membawa dampak berupa hujan lebat disertai angin kencang.

“Gangguan cuaca tersebut berupa hujan lebat di atas rata-rata serta angin kencang yang diprediksi terjadi pada Desember 2015 hingga satu bulan ke depan,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Yogyakarta, Teguh Prasetyo, Kamis 8 Oktober 2015 seperti yang dilansir Antaranews.

La Nina merupakan gejala yang akan menyertai El Nino. El Nino merupakan kemarau yang amat panjang tidak seperti biasanya.

“Ketika mengalami El Nino yang merupakan musim kemarau lebih panjang dari yang biasanya, maka daerah tersebut selanjutnya akan terkena dampak La Nina,” jelas Teguh.

El Nino sudah mulai menunjukkan akan berakhir. Musim penghujan untuk wilayah Yogyakarta baru akan dimulai pada November depan.

“Sebelumnya, akan mengalami pancaroba terlebih dahulu pada awal November 2015. Seperti adanya petir, puting beliung atau hujan saat sore hari,” kata Teguh.

“Lebih baik dimulai dari sekarang dengan memangkas ranting-ranting pohon di dekat rumah yang sudah rapuh,” saran Teguh.

Pos terkait