Riset: Orang yang Menikah Lebih Bahagia daripada yang Sendiri

Pernikahan memberikan efek positif yang amat banyak dalam kehidupan. Salah satunya adalah kebahagiaan. Orang yang menikah akan lebih bahagia daripada orang yang memilih untuk hidup sendiri. Sebuah penelitian yang dilakukan John F. Helliwell dan Shawn Grover menemukan bahwa mereka yang sudah menikah lebih bahagia dibandingkan mereka yang sendiri. Banyak sekali faktor yang melatarbelakangi hasil dari penelitian ini. Pernikahan bahagia akan dicapai dengan berbagai upaya yang maksimal.

“Temuan ini bermula dari Gallup World Poll dan penelitian lain. Temuan lain yang menarik adalah pasangan yang berada di usia 40-an dan 50-an akan merasakan efek positif dari pernikahan, karena melawan krisis paruh baya,” ungkap peneliti tersebut dikutip dari Yourtango.

Kesimpulan lain dari penelitian ini adalah bahwa komunikasi sangat menunjang kebahagiaan dalam sebuah keluarga. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kehidupan untuk mencapai pernikahan bahagia. Modal utama dalam mencapai pernikahan bahagia yang paling utama adalah hati.

Tidak salah jika penelitian tersebut dikaitkan dengan berbagai buku referensial para ulama terkait nutrisi hati. Hati yang baik akan menghasilkan pribadi yang baik pula. Pemaknaan cinta pun bisa terealisasi dengan kondisi hati yang sehat tersebut. Sakitnya hati akan membawa kepada keretakan rumah tangga. Pernikahan yang tidak bahagia akan berawal dari rusaknya hati. Penyakit hati akan tumbuh subur pada pernikahan yang tidak dibina dengan agama. Terlebih jika kondisi hati telah mati. Banyak sekali kasus perceraian dikarenakan kosongnya hati dari ‘Ubudiyah yang benar.

Kendati demikian, orang yang menikah tetaplah akan lebih bahagia. Jika tidak demikian, mana mungkin tauladan terbaik, Muhammad ‘alayhi sholaatu was salam mengajarkan untuk menikah.

Pos terkait