Resep Herbal Alami untuk Obat Batuk Kering

Mekanisme tubuh untuk mengatasi infeksi bakteri atau virus yang masuk ke saluran nafas adalah dengan batuk. Jangan selalu dianggap penyakit, bisa jadi ada penyebab lain yang melatarbelakangi timbulnya batuk tersebut. Contoh kecil ketika ada debu yang masuk ke saluran nafas, secara otomatis silia yang terdapat di sepanjang saluran nafas bereaksi. Reaksi ingin batuk mulai terjadi karena sistem syaraf mendeteksi adanya benda asing. Batuk ini pun dibedakan menjadi batuk kering dan batuk dahak. Kali ini yang akan dibahas adalah penanganan batuk kering dengan resep alam. Obat batuk kering memang sudah banyak beredar. Namun nyatanya kembali ke alam adalah resep bersahabat sebagai obat batuk kering.

Batuk kering sendiri dapat terjadi akibat virus, debu atau juga gejala asma. Pada kondisi tertentu yang terkait fisiologis, batuk bisa merupakan reaksi untuk melebarkan saluran nafas yang menyempit baik karena asma atau bronkospame. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah obat batuk kering yang terbuat dari resep alami.

Muat Lebih

Rempah kunyit
Kunyit mengandung curcumin yang dapat memberikan efek terapis pada gejala batuk. Kunyit juga ampuh untuk menangkal infeksi virus tertentu seperti halnya batuk pilek. Satu sendok kunyit dapat disajikan bersama dengan madu. Campurkan dalam air hangat dan dapat diminum hingga 3 kali sehari.

Madu
Siapa yang tidak kenal dengan produksi alam ini. Bahkan namanya pun disebutkan oleh Allah dalam Al Quran. Madu secara klinis memiliki sifat analgesik  serta bersifat antioksidan dan antimikroba sifat kuat.

Bawang putih
Bawang putih mengandung allicin yang bersifat antimikroba, antibakteri, dan antivirus.

Jahe
Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan membantu menenangkan iritasi saat sakit tenggorokan. Jahe juga dapat menjadi peningkat kekebalan tubuh. Kehangatan yang ditimbulkan jika diminum pun dapat memberikan relaksasi pada otot saluran nafas, terlebih jika aromanya dihirup.

Dalam berbagai iklan obat selalu disebutkan, “Jika sakit berlanjut, hubungi dokter!.” Dalam kasus ini maka sebenarnya ada hal yang dilupakan kenapa penyakit itu hadir. Bisa jadi penyakit itu hadir karena dosa-dosa yang telah kita perbuat. Oleh karenanya, jika sakit segera dekatkan diri kepada Allah dengan sebaik-baik amal perbuatan. Mohonlah kesembuhan kepada yang memberikan sakit karena tidak ada penyakit yang bisa menyerang manusia melainkan dengan izin-Nya. Demikian pula dengan obat, tidak ada obat yang paling mujarab melainkan hanya dengan izin Allah semua itu terjadi.

Pos terkait