Remaja dengan Kelamin Ganda Ini Tak Punya Biaya Untuk Berobat

0
Remaja asal Kediri penderita kelamin ganda (Ambigous Genitalia). (Foto: Tribunnews)

Istilah kelamin ganda mungkin sudah tidak asing kita dengar. Seseorang memiliki dua alat kelamin yaitu penis dan vagina. Dalam dunia medis, orang dengan kelamin ganda disebut Ambigous Genitalia. Ternyata, kasusnya di Indonesia sebenarnya cukup tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Ada yang berbadan laki-laki dan ada yang wanita. Sebenarnya dominansi antara kedua alat kelamin tersebut akan tampak pada karakter lain baik tubuh mau pun kecenderungan sifat. Salah satu kasus ini menimpa seorang gadis berinisial AK (16) asal Kediri.

Sifat AK menurut penuturan orang tuanya pun lebih kelelakian. Ia sering bergaul dengan lelaki. Anak gadis yang juga berjilbab ini memiliiki kecenderungan untuk bermain permainan laki-laki seperti bermain bola dan pencak silat.

“Anak saya marah dan ngambek kalau disuruh menyapu dan mencuci. Tapi kalau disuruh mencari rumput dan mencangkul malah bersemangat,” ungkap Ny Tutik (50), ibunda AK di rumahnya Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri kepada Surya, Rabu (21/10/2015).

Pada dasarnya, hal ini terjadi akibat kelainan hormon. Kelamin ganda pada anak perempuan, terjadi karena ada sisipan hormon pembentuk sifat kelelakian yang tidak normal.

Menurut ibunda AK, anaknya belum didapati pernah haid. Padahal usianya sekarang menginjak 16 tahun. Orang tua telah membawanya ke Puskesmas Semen. Menurut dokter di Puskesmas tersebut, sang anak lebih cenderung kepada sifat laki-laki. Namun untuk lebih pasti lagi, orang tua dianjurkan untuk memeriksakan ke RS Dr. Soetomo Surabaya.

Setibanya di RS Dr. Soetomo, AK diharuskan untuk melakukan pemeriksaan kromosom. Hal ini dilakukan untuk menilai jumlah kromosom. Namun sayangnya pihak keluarga tidak memiliki cukup biaya.

“Temen-temen ada yang mengejek dengan mengatakan laki apa perempuan. Saya sekolah memakai pakaian wanita dan berjilbab,” ungkapnya.

Selama ini AK mengaku sering merasakan sakit bila buang air kecil, namun kalau kencing melalui kemaluan wanita.

Itu sebabnya AK sangat berharap ada dermawan yang mau membiayai operasinya.

Source: Tribunnews
Editor: Destur

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.