Perawat Indonesia Paling Diminati di Luar Negeri

0

Tenaga perawat Indonesia sangat diminati oleh banyak rumah sakit luar negeri. Kalimat tersebut dinyatakan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Menurutnya, perawat Indonesia terkenal teliti dan rapi dalam bekerja. Dibandingkan dengan perawat dari negara lain, perawat asal Indonesia memiliki etos kerja yang tinggi. Bahkan, Ratu Thailand pun sampai menyatakan minatnya terhadap perawat Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, Khofifah baru saja kembali dari Thailand menghadiri perayaan Hari Pangan Sedunia. Saat kunjungan itu, Ratu Thailand menyampaikan hal yang serupa mengenai minat terhadap tenaga perawat Indonesia.

Dalam lawatannya ke Amerika, Khofifah pun mendapatkan pernyataan bahwa mereka menyukai etos kerja perawat dari Indonesia. Pasalnya, perawat-perawat Indonesia itu telaten.

“Saat saya berkunjung ke Los Angeles, Amerika Serikat itu mereka sampaikan, mereka senang dengan perawat Indonesia karena dianggap telaten,” kata Khofifah saat berpidato di depan Muslimat NU PC Kota Malang di GOR Ken Arok, Malang, Minggu (18/10/2015).

Thailand, kata Khofifah, sangat membutuhkan banyak perawat untuk rumah sakit yang ada di sana. Tak hanya Asia Tenggara, saat berkunjung ke Jenewa Swiss, Khofifah juga mendengar hal serupa.

Bahkan, kata dia, rumah sakit asal Swiss telah menjalin kesepakatan kerja dengan pemerintah Indonesia untuk menyuplai tenaga perawat ke sana. Kurang lebih 400 perawat mereka butuhkan dalam setahun. Tapi, kebutuhan itu tak kunjung terpenuhi.

“Bu Khofifah di rumah sakit ini butuh perawat dari Indonesia. Sudah ada MoU, minimal 400 perawat per tahun, tahun pertama hanya 20 perawat yang datang. Tahun Kedua dan ketiga tak bisa terkirim. Ini sudah masuk tahun ke empat,” kata Khofifah.

Kesulitan memenuhi permintaan rumah sakit luar negeri karena sertifikat internasional yang tak dimiliki banyak perawat asal Indonesia. Padahal, kualitas yang dimiliki perawat asal Indonesia sangat bagus.

“Di tempat kita ini kualitasnya bagus. Tapi belum memiliki sertifikat internasional,” pungkas Khofifah.

Tinggalkan Komentar