Mengungkap Kegunaan Cabe Bagi Kesehatan

0

Siapa sih tidak kenal cabe? Rasa pedasnya tak tergantikan meskipun sudah ada saos cabe atau semisalnya. Di balik rasa pedasnya itu, tersimpan manfaat yang amat banyak. Kegunaan Cabe ternyata dapat memberikan kesehatan terhadap tubuh kita. Namun tetap saja, semua hal yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah bagus. Salah satu kegunaan cabe adalah meningkatkan nafsu makan. Padahal rasanya pedas dan terkadang bikin kapok tapi ternyata bisa membuat nafus makan kita melonjak.

Disinyalir, rasa pedas yang diakibatkan oleh cabe dapat merangsang produksi hormon endorphin. Hormon inilah yang bertanggung jawab membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan, sehingga nafsu makan menjadi bertambah.

Kandungan gizi pada 100 g Cabe:

  • 240% vitamin C- (asam askorbat),
  • 39% vitamin B-6 (pyridoxine),
  • 32% vitamin A,
  • 13% besi,
  • 14% tembaga,
  • 7% kalium.

Cabe mengandung capsaicin. Diantara manfaat Capsaisin  yaitu meredakan pilek dan hidung yang tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir sehingga rongga hidung tidak tersumbat lagi.

Rupanya, cabe juga berperan untuk memerangi sel kanker. Banyak sekali manfaat dari cabe ini. Cabe juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun demikian, bagi penderita Gastritis (Maag) hendaknya jangan coba-coba mengonsumsi cabe terlalu banyak.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.