Mengatasi Nyeri Haid dengan 7 Cara Alami

Nyeri haid atau yang sering disebut dengan dismenore (Dysmenorrhea) adalah hal biasa. Semua perempuan akan merasakannya karena itu adalah taqdir. Namun seringkali hal ini begitu mengganggu aktivitas. Terjadinya nyeri ini akibat peluruhan endometrium (dinding rahim) yang tidak dibuahi. Dinding rahim tersebut sedianya tidak akan mengalami peluruhan jika dibuahi oleh sel sperma. Namun pada perempuan yang tidak melakukan hubungan badan maka dinding rahim tersebut harus dibersihkan untuk melalui siklus baru lagi. Selain nyeri haid, sering pula terjadi efek mual, muntah, nyeri bagian perut dan lain sebagainya. Dalam upaya mengatasi nyeri haid ini, ada upaya medikasi atau juga cara alami.

Dismenorea ini dibagi dalam 2 jenis yaitu dismenorea primer dan dismenorea sekunder. Perbedaannya adalah pada penyebab dan tingkat nyeri yang dirasakan. Dismenore primer memang nyerinya luar biasa tapi cenderung berkurang seiring usia yang bertambah. Nyerinya pun disebabkan oleh sebuah reaksi hormon yang alami. Berbeda dengan dismenore sekunder, ia disebabkan oleh hal lain yang mungkin justru memperparah nyeri.

Muat Lebih

Banyak trik yang dibahas dalam berbagai sumber untuk mengatasi nyeri haid. Diantaranya adalah dengan beberapa herbal yang dapat meredakan nyeri haid. Setidaknya ada 7 cara alami yang dapat dijadikan solusi nyeri haid. Bisa dicoba dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Kompres hangat
Cara satu ini sudah sangat umum. Namun memang dari sekian banyak referensi seputar nyeri, cara ini terbilang selalu ada didalamnya. Kompres menggunakan botol air hangat atau bantal pemanas, tempatkan pada perut bagian bawah.

Jus Wortel
Minum Jus Wortel atau mengonsumsinya mentah. Wortel dipercaya dapat melancarkan aliran darah pada saat menstruasi.

Aerobik
Latihan Aerobik dapat meningkatkan hormon endorfin, yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami.

Konsumsi ikan
Mengonsumsi ikan sarden, makarel, salmon yang dapat membantu mengatasi ketidakseimbangan hormon.

Gunakan jilbab syar’i yang longgar dan tidak membentuk lekuk tubuh
Hindari pakaian super ketat. Saat menstruasi, perut membutuhkan ruang untuk mencegah kram. Ucapkan selamat tinggal pada ikat pinggang juga.

Minum banyak air
Minum banyak air. Tetap terhidrasi adalah kunci penting saat menstruasi. Minum banyak air juga akan mengurangi kembung dan nyeri.

Konsumsi kayu manis
Tambahkan kayu manis pada makanan atau minuman Anda. Kayu manis mengandung jumlah tinggi mangan dan anti inflmasi yang dapat membantu meringankan nyeri haid.

Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan karbohidrat kompleks seperti buah dan sayuran, olahraga teratur sehingga berat badan tetap normal, serta menghindari konsumsi minuman keras dan rokok.

Pos terkait