Masalah Keluarga Pengaruhi Kualitas Berumah Tangga

0

Masalah keluarga adalah lumrah terjadi. Konflik tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai hal. Bisa karena pembinaan keluarga yang tidak didasari oleh iman dan ketaatan kepada Allah. Bisa pula karena saat mencari pasangan hidup terlalu tergesa-gesa. Akibatnya jodohnya pun cenderung asal dan belum melihat secara baik sifat dan karakter umum dari pasangannya. Ada pula rumah tangga yang diliputi oleh aksi tipu-tipu.

Lain halnya dengan keluarga yang tidak diliputi masalah. Memang tetap ada masalah namun masalah tersebut bukanlah masalah yang tergolong masalah besar. Bisa jadi hanya masalah-masalah sepele yang bisa langsung tuntas. Masalah keluarga amatlah luas dan semua itu ada yang dimiliki oleh satu keluarga namun tentunya amat jarang dijumpai.

Dikutip dari buku Ensiklopedi Praktis Muslimah karya Kholid Al Husainan, sesungguhnya rumah tangga yang tidak mempunyai masalah kecuali masalah ringan yang langsung dapat diselesaikan memiliki pengaruh yang baik. Di antara pengaruh tersebut diantaranya:

  1. Bertambahnya rasa cinta dan kasih sayang antara suami-istri sehingga akan berdampak positif pada seluruh anggota keluarga.
  2. Adanya pergaulan yang baik sebagaimana diperintahkan oleh Allah.
  3. Adanya perhatian terhadap pendidikan anak-anak.
  4. Adanya kesempatan untuk mencurahkan waktu dan tenaga untuk mengerjakan berbagai ketaatan. Jika rumah tangga bebas dari masalah, maka pada waktu itulah keluarga akan terarah untuk melakukan amalan serius dan menghasilkan. Selain itu, memiliki waktu pula untuk kemanfaatan orang lain.

Tinggalkan Komentar