Manfaat Tumbuhan Seledri Tak Sekedar Untuk Sup

0

Seledri paling akrab dikalangan ibu-ibu. Tumbuhan ini lebih sering digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat sayur bening (sup) yang sangat disukai anak-anak. Dalam bahasa latin, Seledri diberinama Apium graveolens. Manfaat tumbuhan Seledri selain untuk bahan penyedap makanan, ternyata memiliki khasiat lain yang luar biasa. Beberapa literatur herbal banyak yang mengungkap bahwa manfaat tumbuhan Seledri salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah pada penderita Hipertensi.

Tumbuhan yang memiliki daun sangat harum ini memiliki kandungan air yang sebanyak 95 persen pada daun seledri, dianggap sebagai makanan penuh dengan serat dan memiliki sifat kesehatan yang tak ada habisnya.

Times of India menuliskan dalam laman webnya tentang manfaat tumbuhan Seledri. Ada 8 manfaat tumbuhan Seledri yang diungkapnya.

1. Mengatasi tekanan darah tinggi
Tumbuhan Seledri merupakan tumbuhan herbal yang berkalori sangat rendah. Kolesterol merupakan salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi, maka Seledri amat cocok untuk mengatasinya. Seledri mampu membuat otot-otot yang melapisi pembuluh darah berada dalam kondisi relaksasi. Hal ini akan membuat pembuluh darah melebar dan terhindar dari Hipertensi. Seledri juga mengurangi hormon stres yang bisa menyebabkan pembuluh darah mengerut.

2. Mengurangi stres
Mengonsumsi daun seledri dapat membantu menenangkan pikiran dan memberikan bantuan dari stres. Terlebih mengkonsumsi makanan yang mengandung Seledri di malam hari, dapat memudahkan tidur. Selain  itu, kandungan kalsium yang tinggi yang terdapat dalam daun ini di percaya mampu menenangkan saraf.

3. Menurunkan berat badan
Daun seledri hanya berisi 16 kalori per 100 gram dan mengandung serat tidak larut, jika dikombinasikan dapat menurunkan berat badan. Daun seledri dapat ditambahkan pada salad di dalam sup.

4. Mencegah sembelit
Kandungan air yang tinggi serta dikombinasikan dengan serat membantu pengeluaran di pencernaan.

5. Baik untuk mata
Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami, yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat, kulit, dan mata.  Satu tangkai seledri besar dapat memberikan hingga 10 persen dari kebutuhan harian untuk Vitamin A. Sehingga seledri baik untuk penglihatan Anda.

6. Mengurangi kolesterol jahat
Khasiat Seledri mengurangi kolesterol jahat. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dua batang seledri sehari dapat mengurangi kolesterol yang berbahaya bagi tubuh hingga tujuh poin.

7. Meningkatkan gairah seks
Nutrisi kejantanan untuk pria dewasa, disebutkan beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kejantanan pria, salah satunya seledri. Selain bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah ternyata seledri dapat meningkatkan produksi sperma. Seledri dapat meningkatkan tingkat gairah dan mengubah kehidupan seks seseorang.

8. Meningkatkan kecerdasan otak
Seledri dianggap sebagai makanan karbohidrat yang membuat seorang menjadi pintar. Tidak mengandung gula putih atau bahan kimia, dan memiliki rasio tinggi nutrisi dibandingkan dengan tingkat karbohidratnya. Sehingga, seledri dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.