Macam-Macam Volume Paru-Paru

Paru-paru bisa menampung Oksigen dalam jumlah yang terbatas. Ketika seseorang berenang, maka ia akan mampu menahan nafas hingga beberapa menit. Meskipun demikian, menahan nafas terlalu lama dan terlalu sering akan memberikan dampak negatif bagi tubuh, terutama otak. Otak memerlukan Oksigen yang cukup untuk metabolisme sel otak. Volume Paru-Paru akan berbeda pada tiap kondisi. Betapa hal ini sudah diatur dengan pola yang sistematis oleh Sang Pencipta.

Di antara macam-macam Volume Paru-Paru ini adalah sebagai berikut:

Volume Tidal (Tidal Volume)
Volume udara yang masuk dan keluar dalam kondisi normal. Volume Tidal pada laki-laki adalah 500 ml sedangkan pada perempuan adalah 380 ml.

Volume Cadangan Inspirasi
Volume udara ekstra yang masuk ke paru-paru dengan inspirasi maksimum di atas inspirasi tidal. Jumlah volume cadangan inspirasi berkisar 3100 ml pada laki-laki dan pada perempuan 1900 ml.

Volume Cadangan Ekspirasi
Volume ekstra yang dapat dihembuskan dengan kuat pada akhir ekspirasi tidak normal. Kisaran pada laki-laki 1200 ml dan perempuan 800 ml.

Volume Residual (Residual Volume)
Volume udara sisa dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi dengan kuat. Kisaran pada laki-laki adalah 1200 ml sedangkan para perempuan 1000 ml.

Share

This website uses cookies.