Macam-Macam Vitamin dan Manfaat Hebatnya

0

Siapa pun telah mengetahui macam-macam vitamin. Bagi masyarakat pedalaman, aspek gizi berjalan secara naluriah. Jika suatu makanan rasanya enak dan aman dimakan maka diyakini memiliki manfaat bagi tubuh. Manfaat dari macam-macam vitamin bagi tubuh pun tidak banyak yang mengetahui. Jika pun tahu maka sebatas yang biasa beredar di masyarakat. Seperti kita ketahui, macam-macam vitamin diantaranya A, B, C, D, E dan K.

Manfaat vitamin-vitamin tersebut diantaranya:

Vitamin A
Fungsinya bisa untuk menjaga kesehatan gigi, tulang, jaringan lunak, membran mukosa, dan kulit. Vit. A bisa didapatkan pada sayuran yang berwarna gelap, telur, produk susu, hati, dan ikan.

Vitamin B1 (Thiamine HCl)
Menjaga kesehatan kulit, membantu proses metabolisme dan lain-lain. Vit. B1 bisa didapatkan pada gandum, nasi, telur, kacang-kacangan, susu dan daging.

Vitamin B2 (Riboflavin)
Membantu regenerasi sel termasuk sel darah merah dan membantu pertumbuhan organ tubuh. Vit. B2 bisa didapatkan pada sayuran, kacang kedelai, susu dan telur.

Vitamin B3 (Niasin)
Membantu metabolisme karbohidrat, lemak dan protein diubah menjadi energi. Vit. B3 bisa didapatkan pada daging unggas, ikan dan hati hewan yang halal.

Vitamin B5 (Pantotenat)
Menjadi neurotransmiter dalam sistem syarat pusat, membantu memproduksi asam lemak dan hormon. Vit. B5 bisa didapatkan pada daging, susu dan sayuran.

Vitamin B6 (Pyridoxine)
Menjaga fungsi dari sel darah merah dan fungsi otak. Vit. B6 bisa didapatkan pada buah alpukat, pisang, daging, kacang, daging unggas, serta gandum.

Vitamin B12
Membantu metabolisme sel tubuh, membantu pembentukan sel darah merah serta menjaga fungsi dari sistem saraf sentral. Vit. B 12 bisa didapatkan pada di daging, telur, produk susu, dan ikan.

Vitamin C (Ascorbic acid)
Sebagai antioksidan, membantu metabolisme zat besi dan menjaga kesehatan tubuh serta bisa mempercepat penyembuhan. Vit. C bisa didapatkan pada brokoli, sawi, jeruk, tomat, lemon, stroberi, bayam, dan kentang.

Vitamin D
Bisa didapatkan pada seafood dan produk susu. Sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Vitamin E (Tocopherol)
Sebagai antioksidant, membantu pembentukan sel darah merah dan baik untuk kesehatan kulit. Vit. E bisa didapatkan pada buah alpukat, sayuran gelap, minyak, serta kacang-kacangan.

Vitamin K
Berperan penting dalam pembekuan darah. Vit. K bisa didapatkan pada kacang polong, brokoli, sayuran hijau dan kubis.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.