Lama Waktu Penyembuhan Luka Bakar Derajat 1-3

Luka bakar bisa dikatakan sebagai luka yang amat mengerikan. Kulit akan terkelupas dan bahkan daging pun tampak menghitam matang, pada luka bakar yang dalam. Luka bakar yang ringan pun rasa sakitnya sungguh luar biasa panas. Menurut Sjamsuhidajat & de Jong (2005), luka barat yang berat akan menunjukkan morbiditas dan derajat cacat yang relatif tinggi dibandingkan denan cedera oleh sebab yang lainnya. Luka bakar bisa terjadi akibat kontak api secara langsung atau tidak langsung.

Penyebab lain selain api adalah sengatan matahari. Listrik pun memberikan efek yang luar biasa pada tubuh jika tersetrum. Luka bakarnya bisa sangat dalam. Pernah pula dalam beberapa berita dikabarkan ada suami yang tega menyiramkan air keras kepada istrinya. Faktanya memang beberapa zat kimia dapat berdampak serius. Bisa juga diakibatkan oleh udara atau inhalasi. Trauma inhalasi biasa terjadi pada kasus kebakaran dimana udara terasa sangat panas.

Biasanya, untuk menentukan derajat luka bakar ketika di rumah sakit akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Derajat luka bakar ditentukan berdasarkan kedalaman luka, luas luka dan letak luka bakar. Ada pun umur menentukan prognosis dan rumus derajat luka bakar.

Luka bakar derajat 1 hanya mengenai lapisan Epidermis pada kulit. Luka bakar derajat satu biasanya akan sembuh dalam sepekan. Contohnya adalah tersengat sinar matahari yang berlebihan sehingga kulit menjadi kemerahan.

Luka bakar derajat 2 lebih dalam daripada derajat 1. Luka bakar derajat 2 mendapai lapisan Dermis pada kulit. Luka bakar derajat dua dapat sembuh selama 2-3 pekan. Terasa sangat nyeri dan terdapat gelembung air atau biasa disebut dengan bula.

Luka bakar derajat 3 lebih dalam daripada derajat 2. Luka bakar derajat tiga memiliki kedalaman hingga pada lapisan subkutis atau bahkan lebih dalam lagi hingga tulang. Solusi untuk mengatasi luka bakar derajat 3 adalah dengan cara cangkok kulit karena lapisan kulit telah hangus terbakar.

Luka bakar yang dapat berakibat cacat berat adalah jika luka bakar tersebut terjadi pada bagian tubuh tertentu. Misalnya terjadi pada wajah, mata, tangan dan kaki atau juga perineum. Luka bakar menghasilkan luka yang membekas.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker