Lakukanlah 5 Sikap Terbaik Ini Terhadap Para Pendengki

0

Tidak disukai atas perbuatan kita yang ingin berubah untuk menjadi lebih baik adalah sebuah resiko. Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam pun mengalaminya. Beliau dimusuhi oleh para pendengki tatkala beliau mendakawahkan kalimat tauhid. Bukanlah sebuah hal yang “WOW” sebenarnya jika disikapi dengan kebesaran hati untuk menerima sikap para pendengki. Para pendengki menampakkan kedengkiannya adalah salah satu bukti bahwa mereka sedang dalam kondisi yang benar-benar yakin atas apa yang mereka percayai. Dalam kasus umum, sifat dengki tidaklah baik karena hal ini hanya akan menjadi celah bagi setan untuk membisikkan kebencian mendalam. Kebencian tersebut, jika dibiarkan tumbuh dalam hati para pendengki akan menimbulkan gejolak nafsu yang luar biasa. Ujungnya yang terjadi adalah luapan emosi yang tidak terkontrol.

Dalam kasus ini, seorang yang mendapatkan sikap kedengkian dari para pendengki hendaknya menerapkan trik berikut ini. Ini adalah sikap yang bijak terhadap para pendengki. Tips ini dimuat dalam buku La Tahzan for Trouble Solutions karya Mahmud Al Mishri.

Pertama, berlindung kepada Allah
Meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya (para pendengki) agar Dia menghindarkannya dari diriĀ Anda.

Kedua, berbuat baik kepadanya
Berbuat baiklah kepadanya agar ia tidak menyakitimu lagi. Ini adalah bagian dari firman Allah dalam surat Fushsholat ayat 34, “Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik.”

Ketiga, jauhilah para pendengki itu
Jika kebaikan juga tidak bermanfaat baginya maka jauhilah dirinya sesuai dengan kemampuan Anda. Seperti firman Allah dalam surat Ad Dukhon ayat 21, “Jika kamu tidak beriman kepadaku maka biarkanlah aku (memimpin Bani Israil).”

Keempat, rahasiakan perbuatan Anda
Jangan memberi tahu ia tentang apa yang Anda lakukan. Seperti sabda Rosuulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam, “Minta tolonglah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kalian dengan merahasiakannya. Sesungguhnya setiap orang yang memiliki nikmat akan didengki.” [HR. Thobroni dalam Al Kabir (20/94) dan dishohihkan oleh syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah (1453)]

Kelima, selalu berdzikir Al Ma’tsurot
Jangan lupaka untuk selalu berdzikir pagi dan sore serta mebaca surat Al Ikhlash, Al Falaq dan An Nas. Perbanyaklah doa agar Allah menjaga Anda dari kejahatan setiap pendengki.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.