Korban Kebakaran Lawu Dalam Kondisi Kritis

0
Nurhadi (45), korban luka bakar serius akibat kebakaran Lawu. (Foto: Foto: Tri Broto Purnawanto)

Kebakaran Lawu masih menyisakan luka. Salah satu korban kebakaran Gunung Lawu, Eko Nurhadi (45) yang menjalani operasi di RSU dr Soetomo Surabaya, masih kritis. Luka bakar yang sangat serius membuatnya harus menjalani operasi. Korban kebakaran Lawu ini merupakan sekretaris Desa Karangjati, Ngawi. Nurhadi mengalami gangguan pernafasan dan gangguan multiple organ. Untuk memenuhi kebutuhan cairannya, pasien luka bakar biasanya mendapatkan tindakan rehidrasi. Tindakan ini diberikan sesuai luas dan dalamnya luka bakar.

Penanganan luka bakar yang berupa pemenuhan kebutuhan cairan ini dilakukan dengan beberapa teknik. Bisa dengan infus yang dipasang hingga pada 4 jalur hingga pemasangan CVP. CVP adalah Central Venous Pressure yang merupakan tindakan pemasangan infus pada pembuluh darah Vena Cava yang langsung menuju Jantung.

Tindakan Central Venous Pressure ( CVP ) diberikan untuk:

  1. Pasien yang mengalami gangguan keseimbangan cairan.
  2. Digunakan sebagai pedoman penggantian cairan pada kasus hipovolemi
  3. Mengkaji efek pemberian obat diuretik pada kasus-kasus overload cairan
  4. Sebagai pilihan yang baik pada kasus penggantian cairan dalam volume yang banyak

“Jadi dari kejadian sampai rumah sakit membutuhan waktu yang panjang. Sampai IGD jam 3 pagi. Lambatnya resusitasi (Mengembalikan fungsi pernafasan dan jantung yang tergangu, membuat korban banyak kehilangan cairan elektrolit,” kata Kepala IRD dr Soetomo, dr Urip Murtedjo SpB-KL kepada wartawan, Kamis (21/10/2015).

Gangguan organ ini masih dalam taraf observasi. Gangguan organ ini timbul karena terlambatnya evakuasi korban dari kejadian menuju rumah sakit. Karena luka bakar 50 persen, korban banyak kehilangan cairan elektrolit.

“Gangguan organ failure ini masih dalam obvervasi. Makanya tahap kedua nanti akan dilakukan resusitasi cairan elektrolit dan organ yang diwaspadai adalah ginjal,” terang Urip.

Saat ini korban yang mengalami luka bakar 50 persen masih dipantau ketat tim medis RSU dr Soetomo.

Source: Detik
Editor: Destur

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.