Kenapa Wanita Suka Tabarruj (Memamerkan Tubuhnya) Tanpa Rasa Malu?

Berhias (tabarruj) merupakan satu sisi dari wanita yang tidak dapat dipisahkan. Sebenarnya hal ini tinggal bagaimana penempatan dan waktu saja yang perlu disiasati. Seorang wanita dilarang untuk tabarruj jika bukan pada waktu dan tempat yang semestinya. Pengertian tabarruj tersendiri diartikan sebagai perbuatan menampakkan perhiasan di depan orang yang bukan sepatutnya melihat perhiasan itu. Perhiasan yang dimaksud tentu saja kecantikan wajah dan keindahan tubuh wanita. Tabarruj adalah wanita yang memamerkan keindahan dan perhiasannya kepada laki-laki (Ibnu Manzhur dalam Lisanul Arab).

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi seorang wanita melakuakn tabarruj. Khalid Al Husainan dalam kitabnya Ensiklopedi Praktis Muslimah menjelaskan dalam sebuah bab khusus. Beliau menuliskan ada 5 penyebab seorang wanita melakukan tabarruj. Dalam kitab tersebut dituliskan judul bab “Mengapa Wanita Bertabarruj dan Tampil Tanpa Rasa Malu” menurut terjemahan dari redaksi penerbit Media Zikir.

Lemah iman dan tidak takut kepada Allah
Jika wanita melupakan hukuman Allah ketika melanggar perintah-Nya maka ia akan berbuat sesuka hati. Setan akan bersemayam pada dirinya memperbudak hatinya dan menggiringnya kepada keinginan jiwa yang buruk. Setan dari kalangna jin dan manusia akan menghiasi keburukannya itu. Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam telah mengingatkan dalam sabda beliau:

Aku menengok ke neraka, maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita. (HR. Bukhory)

Pendidikan yang rusak
Jika sebuah keluarga mengabaikan anggotanya untuk tumbuh dalam kebaikan, maka mereka akan terjerumus ke dalam jalan kesesatan. Seorang gadis terdidik dari keluarganya dan akan mengikuti jejak mereka. Jika melihat ibunya melakukan tabarruj maka ia pun akan ikut tabarruj.

Pengaruh media massa
Dengan munculnya berbagai media massa modern, musuh-musuh kebaikan sengaja menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Di antara kebutuhan terpenting mereka adalah mengeluarkan mutiara yang tersimpan dan membuangnya ke dalam tumpukan kotoran.

Taqlid
Pada zaman yang banyak godaan dan fitnah ini, sebagian wanita senang ikut-ikutan sampai mereka tergila-gila. Mereka mengikuti akhlak bejat wanita-wanita barat yang tidak memiliki maksud kecuali memamerkan kemolekan tubuh tanpa mau memelihara akhlak dan kehormatan. Lalu wanita muslimah pun meniru akhlak buruk dan gaya berpakaian mereka yang penuh dengan tabarruj.

Pengaruh teman yang buruk
Sebagaimana dipahami bersama bahwa perilaku seseorang akan tercermin dari siapa orang yang dijadikannya teman. Sebuah kutipan dari kitab At Tabarruj wa Al Ihtisaab ‘Alayhi, “Teman itu memberi pengaruh.”

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker