Kenapa Bayi Sulit Menyusu?

Menjadi ibu muda adalah tantangan tersendiri. Tidak sedikit dari para ibu muda itu yang emosinya tidak terkontrol sehingga mudah marah saat bayi enggan menyusu. Bahkan terjadinya kasus pembunuhan bayi oleh ibunya bisa saja terjadi karena ibu kurang sabar dalam menyikapi bayi yang rewel. Bayi sulit menyusu bisa diakibatkan oleh banyak hal.

Beberapa di antara penyebab bayi sulit menyusu bisa karena faktor ibu atau faktor bayi itu sendiri. Jika faktor dari ibu, bisa saja karena ASI sulit keluar. Faktor dari bayi bisa karena bayi lebih akrab dengan dot daripada dengan ASI.

Berikut ini beberapa penyebab bayi sulit menyusu:

  1. Bayi sedang pilek. Jangankan menyusu, mau bernafas saja sulit bayinya.
  2. Sariawan pada bayi.
  3. Sang bayi lebih akrab dengan dot daripada dengan ASI. Kondisi ini memang terkadang menimpa bayi yang tidak dirawat gabung dengan ibu. Bisa juga karena ibu sudah merasa malas untuk menyusui karena ASI kurang lancar. Padahal jika sering dihisap oleh bayi dapat memperlancar ASI.
  4. Ibu sering meninggalkan bayi. Ibu yang lebih mementingkan karirnya cenderung enggan untuk menyusui. Demikian pula ibu yang sibuk bekerja di luar.
  5. Bayi bingung puting, ini terjadi karena bayi sudah mengenal dot terlebih dahulu dari pada putting susu.
  6. Ibu kurang memahami teknik menyusui dengan benar. Bisa jadi ibu memang kurang mencari referensi dalam merawat bayi sehingga kurang memahami. Petugas medis pun mungkin lalai untuk memberikan penyuluhan tentang cara menyusui yang benar.
  7. ASI kurang lancar atau terlalu deras
  8. MPASI (Makanan pencamping ASI) yang terlalu dini diberikan.
Share

This website uses cookies.