Kelebihan Introvert yang Jarang Diungkap

Tipe kepribadian Introvert selama ini dicitrakan buruk. Ia adalah sosok yang serba tertutup, sulit diterka dan lebih senang menyendiri. Namun ternyata kepribadian introvert tidaklah selamanya buruk. Kelebihan Introvert pun tetap ada dan bisa dikembangkan sesuai personal masing-masing. Di antara kelebihan Introvert adalah lebih mampu mengembangkan kelebihan yang ada pada dirinya, lebih mementingkan kualitas, hingga bahkan lebih baik ketika didaulat menjadi seorang pemimpin.

Introvert lebih mampu mengembangkan kelebihan diri

Studi yang dilakukan oleh Daniel Feiler dan Adam Kleinbaum dari Darmouth mengungkap bahwa orang introvert cenderung memiliki ide yang akurat. Mereka juga bisa memanfaatkan sumberdaya untuk mengembangkan kemampuan dalam mengoberservasi, menganalisis, dan memahami masyarakat.

Introvert lebih mementingkan kualitas

Bertentangan dari anggapan banya orang bahwa introvert buruk dalam berkomunikasi, faktanya introvert juga merupakan komunikator yang handal. Hanya saja mereka lebih memilih terlibat dengan kelompok kecil daripada kelompok besar. Mereka mementingkan kualitas interaksi, bukan kuantitas.

Introvert merupakan pemimpin yang baik

Adam Granto, profesor peneliti dari Wharton, meneliti profit dari frainchais restoran piza yang memiliki gaya manajemen yang berbeda. Hasilnya, ia menemukan bahwa pegawai yang proaktif bekerja lebih baik di bawah kepemimpinan manajer introvert daripada manajer ekstrovert. “Pemimpin introvert mendengarkan lebih baik saran dari pegawai sekaligus memberi dukungan pada mereka,” jelas Grant seperti dilansir dari Lifehack, Sabtu (26/9/2015).

Source: Viva
Editor: Destur

Share

This website uses cookies.