Kak Seto Usulkan Pemerintah Bentuk Satgas Perlindungan Anak

Kak Seto selama ini dikenal sebagai salah satu orang yang begitu perhatian dengan anak-anak Indonesia. Terlebih beliau juga membentuk Komnas Perlindunan Anak. Dalam sebuah kesempatan, kak Seto Mulyadi menyatakan usulannya agar pemerintah membentuk Satgas perlindungan anak. Satgas perlindungan anak ini sebelumnya sudah kak Seto terapkan di daerah Cirendeu Tangerang Selatan sejak Januari 2013.

“Kami sudah membuktikan di RT dan RW Cirendeu Permai itu masyarakat senang sekali dilibatkan. Para ibu-ibu, bapak-bapak peduli sekali. Mereka secara teratur mengunjungi rumah-rumah mengingatkan anak-anak perlu dipenuhi hak-haknya,” ujar aktivis kelahiran Klaten 1951 itu di Polda Metro Jaya, Rabu (21/10/2015).

“Jadi kami memulai dari menciptakan RT dan RW yang layak anak kemudian. Kelurahan layak anak lalu menjadi kota dan kabupaten layak anak. Kalau itu terus berkembang sampai ke tingkat nasional. Kita juga bisa menggapai mimpi Indonesia yang layak untuk anak,” ujarnya.

Untuk mewudujkan hal tersebut, sambung Kak Seto, tidak ada alokasi anggaran karena warga secara sadar melakukan swadaya. Jika hanya mengandalkan KPAI atau Komnas Anak tentunya tidak akan efektif karena masalah yang ditangani ribuan sehingga tidak mungkin menjangkau RT di seluruh pelosok Tanah Air.

“Kami sudah kampanye ke berbagai bupati, wali kota, namun belum ada reaksi. Mungkin dengan memadukan ide kami dengan ide Kapolda mengenai “Tempat Aman Anak” di Jakarta, kekerasan terhadap anak akan cepat teratasi,” pungkasnya.

Source: Okezone
Editor: Destur

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker