Jangan Melulu Digoreng, Cobalah Masakan Sehat dengan Jurus Ini

0

Mengolah bahan makanan memang tidaklah sulit bagi sebagian orang. Terlebih lagi mereka yang memang sejak kecil hobi memasak. Mengolah masakan sehat menjadi tolak ukur sebuah makanan disebut layak. Jika dikaitkan dengan pola hidup dipedasaan, masih didapati cara memasak yang terkadang tidak sehat. Memang secara bahan, bisa dikatakan lebih alami. Salah satu cara mengolah makanan yang perlu diperbaiki adalah menghangatkan masakan hingga 2-3 hari. Tidak dipungkiri, masakan bahkan hingga berwarna kecokelatan, padahal itu adalah kacang panjang. Meskipun secara rasa tetaplah enak, tapi secara gizi ternyata sudah masuk kategori sampah.

Dalam mengolah masakan sehat, ada beberapa cari yang perlu dicoba. Selama ini, menggoreng adalah cara mudah untuk mengolah masakan. Namun ternyata, menggoreng tidaklah selamanya baik. Masih ada cara lain untuk memasak dengan sehat.

Dikukus
Bukan hanya bolu yang bisa dikukus. Bahan masakan lain pun bisa dikukus untuk mendapatkan hasil masakan sehat. Dengan dikukus, bahan makanan akan lebih sehat secara kandungan gizi. Hal ini tentu ditinjau secara mendalam pada hasil masakan setelah dikukus, akan berbeda dengan digoreng. Dalam mengukus, satu hal yang tetap harus diperhatikan adalah tingkat kematangan. Jika terlalu lama dikukus pun bisa saja kandungan zat gizi dari masakan sehat bisa hilang.

Presto
Biasanya cara ini disbeut dengan presto. Memanfaatkan tekanan udara yang menguap untuk memberikan efek yang lebih cepat masak pada masakan. Presto amat cocok untuk mengolah daging atau juga kacang-kacangan.

Tumis
Konsep tumis sebenarnya cukup simpel, namun memang sebagian orang tidak suka jika masakan ditumis. Alasan yang biasa muncul adalah karena masakannya masih keras, terlebih yang sedang sakit gigi. Menumis akan mengurangi penggunaan minyak sehingga kandungan lemak pun tidak terlalu banyak. Bagi yang punya kolesterol tinggi tentunya harus melakukan pembatasan konsumsi lemak.

Direbus
Masakan yang direbus misalnya sup. Bisa dengan membuat sayur bening atau masakan berkaldu.

Dipanggang
Ketika memanggang, kelebihan lemak yang ada di makanan akan keluar. Proses ini juga tidak memerlukan minyak untuk memasak. Rasa dan aroma makanan lebih renyah dan wangi. Perlu diingat dengan baik, memanggang tidak sama dengan dibakar. Jika dibakar, masakan harus bersentuhan dengan api yang ternyata ini bisa memicu munculnya zat karsinogen. Jika dipanggang maka masakan tersebut hanya terkena uap panas.

 

Tinggalkan Komentar