Jangan Asal Menamai, Inilah Nama-Nama Haram Bagi Anak

Jangan Asal Menamai, Inilah Nama-Nama Haram Bagi Anak
Jangan Asal Menamai, Inilah Nama-Nama Haram Bagi Anak

Senyumperawat.com –┬áNama-nama haram bagi anak ternyata cukup banyak pula. Maka perlu hati-hati dalam memberikan nama bagi anak. Kadang orang tua yang belum paham makna suatu nama, ia hanya memandang terkenalnya nama itu. Namun lalai akan menentukan makna yang baik. Memberikan nama kepada anak adalah kewajiban walidayn (orang tua).

Nama-nama yang baik akan menjadi doa agar anak menjadi yang sebagaimana namanya. Nama-nama dalam bahasa Jawa selama ini cenderung dijadikan lelucon baik dalam film mau pun dalam ejekan anak-anak sekolah. Namun, sejatinya nama-nama tersebut memiliki makna yang dalam. Dalam nama-nama jawa paling sering kita dengar seperti Suroto, Sugeng, Paijo, Painem dan lain sebagainya.

Dalam Islam, nama-nama untuk anak diatur dengan sedemikian rupa. Salah satunya adalah mengharamkan memberikan nama yang buruk. Nama-nama haram bagi anak tentunya ada banyak namun hanya sedikit orang yang paham.

Dalam kitab Fiqhus Sunnah Lin Nisa’, Abu Malik Kamal bin Sayyid Salim memaparkan dalam beberapa jenis nama-nama haram bagi anak.

Berikut ini nama-nama haram bagi anak dalam Islam:

  1. Semua nama penghambaan kepada selain Allah seperti ‘Abdur Rosul, ‘Abdul Husain dan yang semisal.
  2. Nama-nama yang menjadi kekhususan Allah seperti Ar Rohman, Al Kholiq dan Asmaul Husna.
  3. Nama-nama asing yang diadopsi dari orang-orang kafir dan menjadi satu ciri mereka seperti Jirjis, George, Diana, Suzan dan sejenisnya.
  4. Nama-nama berhala yang disembah seperti Latta, ‘Uzza dan lainnya.
  5. Nama-nama asing dari Turki atau Persia yang tidak bisa diserap oleh bahasa Arab seperi Nariman, Jihan, Nevin dan semisalnya.
  6. Nama-nama yang mengandung pengakuan yang tidak ada pada pribadi yang bersangkutan, berkonotasi penyucian dan kedustaan.
  7. Nama-nama setan seperti Khinzab, A’war dan sejenisnya.

Oleh karena itu, hendaknya memberikan nama yang baik bagi anak. Anak adalah investasi paling berharga untuk bekal orang tua ketika sudah habis jatah hidupnya. Nama yang baik adalah doa agar anak memiliki karakter yang serupa dengan makna yang diharapan oleh kedua orang tua. (Destur/eSPer Inspiration)

Pos terkait