Hati-Hati Membeli Pecel Lele, Lebih Baik Dimasak Sendiri

0
Ikan Lele seberat 280 Pon berhasil ditangkap di Italia. (Pict: CNN)

Warung pecel lele seolah menjari jamur di kota Jogjakarta. Hampir di seluruh trotoar bisa ditemui warung ini. Cukup miris juga memang karena hak para pengguna jalan kaki pun harus terenggut karena warung pecel lele berada di trotoar. Pejalan kaki pun terpaksa turun ke jalan raya untuk meneruskan perjalanan. Tidak hanya itu, posisi parkir yang berada tepat di depan warung dan tepat pula di bahu jalan, membuat pejalan kaki harus rela hingga berjalan di jalan raya. Cukup berbahaya memang ketika jalanan ramai motor dan mobil. Terlebih yang melintasi adalah anak-anak. Terlepas dari itu semua, semoga dinas tata ruang bisa membuat kebijakan yang lebih baik. Seperti halnya Jepang yang memberikan ruang lebar bagi para pejalanan kaki dan pengendara sepeda ontel.

Sekedar selingan pembuka saja, materi yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Ikan lele. Seperti dibahas di muka, lele lebih dikenal dalam olahan pecel lele. Hal ini karena warungnya lebih banyak daripada olahan lain selain pecel lele. Lele merupakan solusi mudah untuk mendapatkan protein dari ikan.

Kandungan gizi dalam 100 gram ikan lele adalah sebagai berikut:

  1. Energi sebesar 229 KKal
  2. Protein 18 gram
  3. Karbohidrat 8 gram
  4. Serat 0,7 gram
  5. Lemak 13 gram
  6. Vitamin (C, A, B kompleks dan D) dan Mineral (K, Mg, F, Ca, Na dan Zn)

Ikan lele mengandung omega 6 yang dapat memengaruhi proses pembekuan darah dan rentan terhadap proses oksidasi. Sehingga asam omega 6 meningkatkan risiko penggumpalan darah, penyakit radang usus besar, dan kanker.

Pencemaran limbah di sungai dikhawatirkan mengandung merkuri. Jadi berhati-hatilah ketika membeli ikan. Ikan yang diternak pun tidak lepas dari  bahaya merkuri.

Penting untuk diperhatikan bahwasanya olahan lele goreng di warung pecel lele cukup berbahaya. Sesekali ketika membeli pecel lele, perhatikanlah minyak yang digunakan untuk menggoreng. Memasuki waktu sholat ‘Isya’, minyak sudah berubah menjadi pemicu kanker. Warna menghitam dan terlihat kental bekas gorengan sebelumnya. Jika memang ingin mengonsumi lele dengan cara digoreng, belilah yang mentah lalu masak sendiri di rumah. Boleh sesekali membeli di warung pecel lele namun jangan sampai lebih dari 2 kali dalam sepekan.

Daripada mengolah lele dengan cara digoreng, ada cara lain yang lebih baik untuk menikmati lele. Lele akan lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi dengan dipanggang atau dibakar.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.