Gunung Merapi Mendadak Berbahaya, Angin Bertiup Kencang

Gunung Merapi mendadak menjadi berbahaya untuk didekati pada Jum’at ini. Pasalnya, angin kencang bertiup di seputar Gunung yang terletak di kawasan Jogja-Magelang tersebut. Hal ini diungkapkan oleh BPPTKG yang mengeluarkan rilis bahwa terjadi tiupan angin kencang di seputaran Gunung Merapi (16/10/2015). Angin kencang Merapi ini tentunya berbahaya karena disertai abu dan pasir, bahkan kerikil kecil.

Pada pembaharuan informasi pada pukul 06.41, tiupan angin di Pos Pengamatan Gunung Merapi Jrakah mencapai kecepatan 25,7 kilometer per jam dari arah timur.

Kemudian pada pembaharuan informasi selanjutnya, disebutkan bahwa angin juga bertiup kencang di Pos Pengamatan Gunung Merapi Selo dan Jrakah dengan kecepatan mencapai 33,1 kilometer per jam dari arah timur.

Seperti dilansir Tribunnews, kejadian ini menyebabkan tumbangnya pohon di belakang pos PGM Selo, beruntung hal ini tidak menyebabkan kerusakan pada bangunan pos.

Sementara itu, pada pembaharuan informasi pukul 08.45 WIB, angin kencang terjadi di seputar Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan yang menyebabkan abu dan pasir beterbangan di wilayah lereng atas Gunung Merapi.

Pukul 09.07 WIB dilaporkan pasir di lereng utara dan barat juga beterbangan akibat angin kencang ini.

Source: Tribunnews
Editor: Destur

Pos terkait