Gejala yang Timbul Pada Kasus Intoksikasi Insektisida (Keracunan Insektisida)

0

Intoksikasi atau keracunan adalah masuknya zat atau senyawa kimia dalam tubuh manusia yang menimbulkan efek merugikan. Istilah peptisida pada umumnya dipakai untuk semua bahan yang digunakan dalam membasmi hama yang merugikan manusia. Termasuk dalam golongan peptisida ini adalah insektisida.

Ada 2 macam insektisida yang paling banyak digunakan dalam pertanian :

  1. Insektisida Hidrokarbon Klorin (Chlorinated Hydrocarbon Insectisida)
  2. Isektisida Fosfat Organic (Organo Phosphatase Insectisida)

Di antara kedua jenis insektisida tersebut, penggunaan IFO/OPI (Organo Phosphatase Insectisida) terus menerus meningkat. OPI adalah paling banyak digunakan dalam pertanian dengan toksisitas yang tinggi. Salah satu derivatnya adalah Tabun dan Sarin. Bahan ini dapat menembus kulit yang normal juga dapat diserap oleh paru-paru jika terhirup dan saluran makanan, namun tidak berakumulasi dalam jaringan tubuh seperti golongan IHK/CHI (Chlorinated Hydrocarbon Insectisida).

Beberapa jenis IFO diantaranya Malathion (Tolly), Parathion, Diazinon, Basudin, Paraoxon dan lain-lain. IFO terbagi dalam 2 golongan, yaitu IFO Murni dan golongan carbamate. Salah satu contoh yang tergolong Carbamate adalah Baygon.

Pada kasus keracunan IFO, gejala yang paling menonjol adalah kelainan visus, hiperaktifitas kelenjar ludah, keringat dan gangguan saluran pencernaan serta kesulitan bernafas.

Dosis atau jumlah racun yang diminum akan mempengaruhi gejala yang ditimbulkan. Berikut ini klasifikasi gejala yang biasa timbul:

  1. Gejala ringan keracunan Baygon meliputi: Anoreksia, nyeri kepala, rasa lemah, rasa cemas atau takut, tremor pada lidah, kelopak mata, pupil miosis.
  2. Keracunan sedang: nausea, muntah-muntah, kejang atau kram perut, hipersaliva, hiperhidrosis, fasikulasi otot dan bradikardi.
  3. Keracunan berat: diare, reaksi cahaya pada pupil mata negatif , sesak nafas, sianosis, edema paru, inkontinensia urine dan feses, konvulsi, koma, blokade jantung dan akhirnya meninggal.

Tinggalkan Komentar