Fungsi Sit Up Ternyata Bukan Untuk Mengecilkan Perut

Fungsi Sit Up selama ini mungkin dipahami oleh kebanyakan orang sebagai upaya untuk mengecilkan perut yang buncit. Namun ternyata asumsi tersebut tidaklah tepat. Fungsi Sit Up lebih kepada membentuk perut agar proporsional namun bukan tugasnya untuk membuat perut buncit menjadi langsing. Hal ini diungkapkan oleh seorang treiner, Rani Panggabean.

Rani menungkapkan bahwa gerakan Sit Up atau yang sering disebut juga Crunches bukanlah gerakan terbaik untuk mengecilkan perut. Bahkan jika dilakukan secara massif tanpa pola yang baik bisa mengakibatkan punggung tegang dan punggung.

Dikutip dari 1Health.id, Sit up atau Crunches hanya bekerja pada otot-otot di bagian depan dan sisi perut. Sementara itu, jika ingin mengecilkan perut, yang sangat penting dilakukan adalah, gerakan yang meliputi seluruh bagian otot inti, yaitu punggung bawah, pinggul, dan paha atas.

Jika pun ingin melakuakn Sit Up, maka hendaknya jangan memaksakan diri. Agar fungsi Sit Up optimal, dan baik bagi keseluruhan bagian tubuh, jangan lupa untuk melakukan peregangan terlebih dahulu, dan lakukan diatas alas yang empuk yang berfungsi untuk melindungi tulang belakang.

Rani menyarankan, “Jika tetap ingin berlatih dengan konsep Sit Up, lakukan gerakan kombinasi seperti Bicycle Cruch atau Cross Cruch.”

Gerakan kombinasi lain yang baik jika dipadukan dengan Sit Up diantaranya:

  •  V Sit
  • Burpees
  • High Knees
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker