Fungsi Lain ASI, Bisa untuk Obat Luka

ASI selama ini dipahami sebagai konsumsi utama para bayi. Fungsi ASI bagi bayi adalah untuk memenuhi asupan nutrisi. Pembentukan antibodi akan bisa maksimal jika ASI diberikan secara penuh selama 2 tahun. Namun ternyata, kini telah diketemukan fungsi ASI selain untuk asupan bayi. Fungsi lain ASI yang ditemukan oleh para peneliti adalah untuk mengatasi peradangan. Berbagai zat dalam ASI sangat baik untuk mengobati luka.

Fungsi lain ASI ini ditemukan oleh tim peneliti dari Brigham & Women’s Hospital. Dari hasil penelitian tersebut, didapati bahwa bahwa ASI juga mengandung molekul yang disebut Specialized Pro-Resolving Mediators (SPMs) yang mampu menyembuhkan luka, seperti peradangan dan infeksi.

Specialized Pro-Resolving Mediators (SPMs) mampu membersihkan bakteri, menjadi pelindung organ tubuh, serta menyembuhkan luka. Charles Serhan selaku penulis studi sekaligus direktur di BWH Center for Experimental Therapeutics and Reperfusion Injury mengatakan, “Kami sudah cukup yakin bahwa molekul tersebut memiliki peran yang besar pada bayi.”

Dalam penelitian lain, ASI dapat digunakan untuk menyembuhkan puting ibu yang lecet. Khasiat ASI yang luar biasa ini merupakan salah satu cara alami untuk mengobati puting susu yang lecet akibat gigitan bayi. Ternyata cukup dengan mengoleskan sedikit ASI pada bagian puting yang lecet, dapat menjadi salah obat agar luka tersebut cepat sembuh.

Molekul SPMs hanya dimiliki ASI. Susu formula tidak memilikinya dan ini merupakan salah satu keutamaan ASI. Fungsi lain ASI sebagai obat luka ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut sebagai pembanding. Namun, secara umum khasiat ASI tidak diragukan kehebatannya. Sebagai ibu, hendaknya tidak menyiakan anaknya dengan memberikan susu formula dan melupakan kewajibannya sebagai ibu untuk memberi ASI.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker