Dampak Mengerikan dari Aterosklerosis

0

Aterosklerosis merupakan salah satu jenis Arteriosklerosis. Arteriosklerosis merupakan terjadinya pengerasan pembuluh darah arteri. Kondisi arteri yang mengeras ini terjadi oleh karena penebalan dinding pembuluh darah arteri. Secara lebih mengerucut, Arteriosklerosis yang paling sering dijumpai adalah Aterosklerosis. Aterosklerosis adalah pengerasan atau penebalan arteri yang terjadi pada bagian arteri terbesar pada tubuh.

Aorta merupakan arteri paling besar. Selain itu, Aterosklerosis juga melibatkan caban pembuluh darah lain yang besar. Arteri dengan ukuran besar terdapat pada ekstremitas, otak, jantung dan visera interna mayor.

Dalam pembuluh darah arteri, terdapat lapisan-lapisan yang lebih kuat dan tebal daripada vena. Fungsinya adalah untuk meredam tekanan pompa jantung yang cukup kuat. Buktinya denyutan nadi bisa terasa ketika diraba. Lapisan Endotel yang licin pada arteri adalah perlindungan paling penting untuk mencegah terjadinya Trombus. Aterosklerosis terjadi dalam bentuk Ateroma atau bercak Aterosklerosis pada Aorta.

Ateroma yang berjumlah banyak dan menonjol akan tampak pada dinding pembuluh darah penderitanya. Pada Aorta, Ateroma tidak mengakibatkan penyumbatan lumen namun pada pembuluh darah yang lebih kecil daripada Aorta. Akibatnya adalah terjadi penyempitan lumen sehingga aliran darah terganggu dan pembuluh darah tidak elastis.

Beberapa faktor pencetus Aterosklerosis diantaranya:

Akibatnya sangat berbahaya karena manusia dapat hidup karena nutrisi dan oksigen terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh. Jika terjadi sumbatan maka suplai tidak maksimal dan masalah demi masalah kesehatan akan timbul.

Tinggalkan Komentar