Dampak Iskemia Jaringan, Penyebab Angina Pektoris

1

Terjadinya Iskemia dapat diartikan sebagai tanda bahaya. Iskemia jaringan merupakan kondisi tubuh dimana suplai darah yang kaya oksigen ke suatu jaringan tubuh tidak adekuat. Jika suatu jaringan tubuh tidak mendapatkan suplai darah yang berisikan oksigen dengan baik maka kematian jaringan tidak bisa dielakkan. Endapan sisa metabolisme pada suatu jaringan karena sirkulasi yang tidak lancar juga menjadi penyebab kematian jaringan.

Iskemia jaringan dapat terjadi karena kondisi Aterosklerosis, Trombosis atau juga Embolisme. Bukan hanya Arteri, Vena pun juga bisa menjadi penyebab Iskemia karena aliran balik sirkulasi tidak terjadi. Iskemia juga dapat pula terjadi akibat tindakan penanganan luka yang kurang baik. Bagian luka yang terdapat pada ujung ekstremitas, biasanya dilakukan tindakan bidai. Bidai yang terlalu kencang dapat membuat aliran darah tidak adekuat pada jaringan perifer.

Penyebab lain Iskemia antara lain:

Iskemik bisa menimbulkan gejala seperti nyeri atau sakit kepala, tergantung pada lokasi terjadinya Iskemia jaringan. Iskemia yang terjadi pada otot rangka dapat menimbulkan rasa sakit dan kelemahan. Jika terjadi pada otot Jantung berupa penyempitan sirkulasi Arteri Koronaria, gejala yang paling dirasakan adalah rasa nyeri yang luar biasa seperti ditekan atau diremas-remas Jantungnya. Hal inilah yang disebut dengan Angina Pektoris.

Angina Pektoris dapat reda dengan segera beristirahat agar aliran oksigen dalam darah yang melalui Arteri Koronaria dapat digunakan untuk metabolisme otot Jantung dengan baik. Efek lain dari Iskemia jaringan adalah terjadinya Atrofi otot. Dampak paling parah dari Iskemia adalah kematian jaringan.

Share

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.