Dahsyatnya Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Kulit

Kunyit memiliki sifat antibakteri dan kurkumin. Manfaatnya amat banyak dan tentunya sangat alami. Kunyit Sebelumnya telah dijelaskan dalam Senyum Perawat tentang beberapa manfaat kunyit. Beberapa diantaranya adalah untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menjadi pengontrol kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellitus. Kunyit juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat pula sebagai obat luka. Sebagai informasi tambahan pula, manfaat kunyit juga baik untuk kulit. (Baca juga: Beberapa Manfaat Tanaman Kunyit (Curcuma))

Selain itu, kunyit juga dapat digunakan sebagai media untuk mendapatkan kulit sehat. Kunyit dapat digunakan secara dioles atau lulur. Meskipun tentunya warna kuningnya akan berbekas cukup lama jika didiamkan terlalu lama pada kulit. Dikutip dari healthmeup, beberapa manfaat kunyit untuk kulit diantaranya:

  1. Kunyit usir jerawat
    Kunyit punya sifat antiseptik dan antibakteri. Siapkan wadah isi dengan kunyit, bubuk cendana dan air jeruk nipis. Oleskan pada wajah selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.
  2. Kunyit samarkan bekas jerawat
    Bekas jerawat akan tampak jelek. Salah satu manfaat kunyit bisa diracik dengan sederhana. Oleskan kunyit yang dihaluskan dan dibuat lulur. Oleskan pada wajah kurang lebih 15 menit lalu bilas.
  3. Kunyit atasi keriput
    Mengurangi keriput dan garis halus dengan pasta yang dibuat dengan kunyit, tepung beras, bubuk susu dan jus tomat. Oleskan pada wajah selama 30 menit lalu bilas dengan air.
  4. Kunyit tunda penuaan
    Campuran bubuk kunyit dan susu atau yoghurt cukup efektif menunda penuaan. Oleskan sembari dipijatkan pada kulit dengan pijatan ringan. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat..
  5. Kunyit hilangkan noda di wajah
    Siapkan campuran kunyit dan air jeruk nipis. Oleskan pada wajah lalu biarkan pada wajah selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Cukup banyak manfaat kunyit yang belum kita ketahui. Manfaat tanaman obat ini amat dikenal dan tidak diragukan lagi. Pedagang jamu pun masih tetap menyertakan kunyit ini dalam salah satu resep jamunya.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker