Cobalah 7 Trik Memperbaiki Kualitas Tidur Ini

0

Kualitan tidur adalah keutamaan yang harus dicapai ketika tidur. Tidur bukanlah soal lama tidaknya terlelap melainkan lebih kepada seberapa tidur itu memberikan kesegaran terhadap tubuh. Tidaklah mudah untuk mencapai kualitas tidur yang baik. Masing-masing orang memiliki cara untuk mencapai hal itu. Ada banyak sekali trik untuk mencapai tidur yang berkualitas.

Suasana kamar yang nyaman
Memiliki rumah yang tepat di pinggir jalan raya adalah resiko. Namun bukan berarti tidak dapat membuat kondisi rumah menjadi tenang. Siasati dengan melengkapi peredam suara pada celah-celah rumah. Tidak lupa pula ventilasi haruslah cukup sehingga pola nafas menjadi lancar. Pastikan kondisi rumah rapi sebab kondisi yang rapi memberikan efek nyaman bagi penghuninya.

Hilangkan kebiasaan buruk sebelum tidur
Di antara kebiasaan yang buruk untuk mengawali tidur adalah minum kopi. Bukannya segara tertidur namun Anda akan justru terjaga. Hindari ponsel atau sejenisnya karena akan mengganggu tidur Anda. Mendengarkan musik tidaklah baik, jauh lebih baik mendengarkan lantunan ayat Al Quran.

Mandi air hangat sebelum tidur
Air hangat akan memberikan efek relaksasi pada seluruh pembuluh darah. Hal ini akan menunjang kondisi tubuh mencapai kenyamanan.

Lakukan kebiasaan ala Rosul
Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam selalu berwudhu sebelum tidur. Bacaan doa beliau pun cukup banyak. Di antara doa yang cukup mudah dan tidak menyita waktu lama adalah ayat Kursy, 2 ayat terakhir Al Baqoroh, Surat Al Ikhlash, Surat Al Falaq dan surat An Naas. Bacaan tersebut kemudian ditiupkan ke telapak tangan. Setelah itu basuhkan ke seluruh bagian tubuh untuk menjaga diri dari gangguan jin mau pun tenun atau santet. Kemudian baca doa tidur sebagaimana biasanya.

Berbaringlah dengan benar
Berbaring yang benar adalah yang membuat semua otot tubuh rileks. Jika meniru sunnah Rosul, maka tidur yang baik adalah miring ke kanan. Manfaatnya secara kesehatan adalah suplai oksigen ke otak dan sirkulasi ke seluruh tubuh lebih baik. Kondisi miring ke kanan membuat posisi Jantung berada di atas. Selain itu, Rosul juga mengajarkan dalam hadits lain dalam kitab Riyadhush Sholihin karya Imam Nawawi bahwasanya jika posisi tidurnya terlentang, hendaknya salah satu kaki bertumpu pada kaki satunya. Jadi kaki satu berada di atas kaki satunya lagi.

Perhatikan durasi tidur Anda
Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, durasi tidur tiap orang berbeda-beda. Ada orang yang rutin tidur 3 jam sehari, ada yang 5 jam per hari dan lain sebagainya. Kenalilah pola tidur Anda untuk memenuhi jumlah tidur dalam sehari tersebut.

Niatkan untuk beribadah
Jika setiap amalan kita niatkan untuk ibadah, maka Allah akan memudahkan kita untuk mencapainya. Ketika kita tidur pada malam hari dan tak kunjung tidur, biasanya kita akan resah karena akan menghadapi hari berikutnya yang amat melelahkan. Tapi ketika berserah diri kepada Allah setelah berusaha melakukan hal-hal di atas, maka Allah yang akan membuat kita tertidur dan akan membangunkan kita pada saat yang paling tepat bagi kita.

 

Tinggalkan Komentar