Bahan Alami Ini Bisa Jadi Solusi Sulit BAB

0

Sulit BAB adalah masalah yang amat mengganggu. Perasaan ingin BAB tapi keluarnya amat sulit. Penyebabnya bisa terjadi karena kurang asupan cairan atau juga karena jenis makanan yang dikonsumsi membuat saluran BAB menjadi tersendat. Sulit BAB secara alami bisa diatasi dengan banyak cara. Cara paling ekstrim bisa dilakukan dengan huknah. Huknah adalah dengan memasukkan cairan dari anus menggunakan selang. Cairan yang digunakan biasanya adalah cairan sabun. Namun tindakan ini sekarang sudah amat jarang ditemui atau bahkan sudah ditinggalkan. Sebelum mendapatkan tindakan medis, ada baiknya cara alami berikut ini bisa dijadikan tindakan awal jika terjadi sulit BAB.

Perbanyak asupan air mineral
Konsumsi air dalam sehari minimal 2500 cc. Kondisi kurangnya cairan dalam saluran cerna dapat membuat tersendat. Oleh karenanya, minum air mineral yang cukup akan memperlancar BAB. Sulit BAB bisa teratasi jika air yang masuk ke saluran memadai. Dengan begitu, kondisi makanan yang diolah dalam usus menjadi lebih lembut. Jika kekurangan cairan, kondisi feses akan menjadi keras.

Buah Jeruk
Buah jeruk ternyata kaya serat. Bagi yang mengalami kesulitan BAB, jeruk bisa membantu melancarkan pencernaan. Jeruk memberikan efek laksatif yang memicu BAB. Buah-buahan citrus lainnya seperti lemon, jeruk nipis dan grapefruit juga memiliki efek yang sama.

Beras Merah
Serat dalam beras merah yang sudah dimasak menjadi nasi merah jauh lebih baik daripada nasi putih. Studi yang dilakukan pada 2007 menemukan bahwa wanita Jepang yang rutin makan nasi merah, risikonya 41 persen lebih kecil mengalami sembelit. Selain itu nasi merah juga kaya vitamin B, mangan, zat besi dan asam lemak yang baik bagi kesehatan tubuh.

Sayuran Bayam
Sayuran bayam memiliki efek laksatif yang membuat ingin BAB. Selain mudah didapatkan, bayam juga bisa diolah dalam berbagai varian masakan.

Yoghurt
Probiotik di dalam yoghurt bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Berdasarkan studi yang dilakukan pada 2014, probiotik bisa mempermudah BAB.

Satu hal penting saat Anda mengalami kesulitan BAB adalah jangan mengejan terlalu keras. Kondisi ini akan erat kaitannya dengan terjadi Wasir.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.