Baca Dulu, Boleh Tidak Menghadiri Undangan Walimah Jika

Baca Dulu, Boleh Tidak Menghadiri Undangan Walimah Jika

Menghadiri undangan adalah sebuah kewajiban. Selama undangan itu baik maka hendaknya dihadiri dengan hati yang lapang. Terlebih undangan kebahagiaan seperti undangan walimah. Undangan walimah meskipun yang mengadakan adalah mantan pacar dimasa lalu, tetaplah harus dihadiri selama tidak mengandung unsur maksiat didalamnya. Lagipula pacaran dalam Islam tidak ada, maka hendaknya dijauhi. Meskipun pula, yang memberikan undangan walimah adalah ikhwan atau akhwat yang pernah menjalin proses ta’aruf, bukan alasan untuk tidak menghadiri.

Kendati demikian, ada beberapa permasalahan yang harus dipahami oleh yang mengundang dan yang diundang. Ada hal-hal yang dapat membuat sebuah acara yang bernilai ibadah ini menjadi bernilai maksiat. Ada 4 poin yang disampaikan dalam kitab Fiqhus Sunnah Lin Nisa’. Dalam hal ini, diperbolehkan untuk tidak menghadiri undangan walimah yang terdapat unsur-unsur yang akan dibahas berikutnya.

  1. Jika didalamnya ada kemungkaran seperti khomr, alat musik dan hal-hal lain yang sejenis. Karena hal ini, seseorang tidak boleh menghadiri undangan walimah kecuali ada niat dan tindakan untuk menghentikan kemungkaran tersebut.
  2. Jika undangan dikhususkan untuk kalangan berpunya tanpa menyertakan orang-orang fakir.
  3. Jika pihak yang mengundang termasuk golongna yang tidak menjaga diri dari makanan yang haram atau sering melakukan hal-hal syubhat.
  4. Jika terdapat udzur lainnya yang membolehkan untuk tidak menghadiri walimahan tersebut.

Demikian pula orang yang diundang mendapatkan udzur jika padanya didapati udzur syari’at seperti udzur yang membolehkan untuk tidak menghadiri sholat Jum’at seperti hujan deras, tanah yang berlumpur, takut akan musuh, takut hilangnya harta dan udzur lain.

Sebagai tambahan, tentu walimah yang bercampur-baur antara lelaki dan perempuan termasuk didalamnya. Meskipun merasa bangga telah memiliki suami atau istri yang luar biasa, tapi tidak layak pula untuk dijadikan pajangan di depan tamu undangan.

Share

COMMENTS