Ada Sayuran yang Bisa Bikin Gemuk, Ini Buktinya!

0

Mengonsumsi sayuran bagi kebanyakan orang adalah salah satu upaya untuk hidup sehat. Bagi sebagian lainnya, mengonsumsi sayuran adalah upaya untuk mempertahankan berat badan. Takut gemuk atau sudah masuk pada level obesitas, pertama kali yang terbesit dalam pikiran adalah diet. Akhirnya diet dengan pola vegetarian pun dijalani. Sayur-sayuran menjadi asupan nutrisi setiap hari. Malangnya, ada beberapa sayuran yang jika salah memahami justru dapat menambah berat badan.

Para peneliti dari Harvard School of Public Health memberikan analisa penambahan berat badan yang dialami oleh 130 ribu orang Amerika, pria maupun wanita, setelah mereka mengonsumsi sayuran tersebut selama 4 tahun. Kentang menjadi salah satu sayuran tinggi karbohidrat yang cukup potensial untuk meningkatkan berat badan. Sayuran lain yang memiliki potensi serupa dengan kentang adalah jagung manis dan kacang polong.

Rebecca Lawton dari British dietetic Association memberikan saran bahwa kentang masih baik dikonsumsi oleh orang yang ingin diet. Hanya jumlah takaran sajinya dicukupnya sebesar kepalan tangan. Kentang memang berpotensi meningkatkan berat badan namun kandungan gizi yang lainnya juga cukup baik seperti vitamin C dan kalium. Oleh karenanya, solusi untuk menyikapi kentang ini adalah dengan membatasi jumlah takaran sajinya, bukan menghindari secara total. Kentang diposisikan sebagai pengganti sumber karbohidrat lain seperti nasi, roti atau gandum dan jenis lain. Kentang pun jangan disandingkan dengan sayuran lain yang memiliki efek sama semisal jagung manis.

Ada menu yang lebih baik daripada kentang tentunya jika memang ingin diet. Sebagai sumber karbohidrat, dapat diperoleh dengan mengonsumsi roti gandum. Menu sayuran yang baik bagi Anda yang sedang menjalani diet adalah kembang kol, brokoli, dan kubis.

Buah-buahan hendaknya disandingkan pula sebagai menu diet. Buah-buahan yang cukup terkenal baik untuk diet adalah blueberry, apel, pir, stroberi dan kismis. Olah raga tentunya jangan sampai tertinggal. Banyak berdoa agar diberikan tubuh yang sehat sehingga tetap dapat beribadah dengan rajin serta mendatangi pengajian-pengajian sebagai bekal amal di hari penghisaban kelak.

Tinggalkan Komentar