Inilah 13 Khasiat Minyak Kelapa (VCO)/Virgin Coconut Oil

Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar

Senyumperawat.com – Minyak kelapa selama ini lebih dikenal sebagai minyak goreng. Meskipun aromanya bagi sebagian orang tidak suka, tapi sebagian orang lain justru menyukai sensasi aromanya tersebut. Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali dan tanpa bahan kimia. Kini, minyak kelapa dikalangan penjual herbal lebih dikenal dengan sebutan VCO (versi singkatan Inggrisnya Virgin Coconut Oil).

Dalam pengolahannya, VCO ini tidak mengakibatkan kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh menghilang. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur. Seperti dikabarkan dalam Dikutip dari health.com, ada 10 manfaat minyak kelapa.

10 manfaat dari minyak kelapa (virgin coconut oil):

1. Masker Rambut

Minyak kelapa menjadi krim kental ketika berada di dalam suhu kamar dan mencair ketika dipanaskan dengan suhu 24 derajat celcius. Minyak kelapa dapat digunakan sebagai masker dan pelembab rambut seusai keramas. Caranya, panaskan minyak kelapa di dalam air hangat kemudian oleskan di rambut usai keramas dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu bilas. Maka Anda akan mendapatkan rambut yang lembut dan mengembang

2. Pelembab kulit tubuh

Tekstur minyak kelapa yang kental dapat memberikan efek lembab bagi kulit. Minyak kelapa juga berguna memancarkan warna kulit asli Anda. Tekstur minyak kelapa dapat membaur dengan kelembaban kulit anda, sehingga sangat cocok dijadikan bahan lulur. Penggunaannya cukup dioleskan ke seluruh tubuh bersama bunga lavender atau daun mint, lalu pijat tubuh secara perlahan.

3. Pelembab bibir

Kandungan pencegah hidrasi dari minyak kelapa dapat melawan bibir pecah-pecah. Cukup ambil minyak kelapa seujung jari kelingking Anda lalu oleskan di bibir. Diamkan beberapa saat.

4. Pelembut kutikula kuku

Caranya hampir sama dengan penggunaan minyak kelapa untuk pelembab bibir. Cukup ambil secuil minyak kelapa di ujung jari Anda, lalu oleskan ke semua kuku dan diamkan beberapa saat sampai minyak kelapa (virgin coconut oil) meresap. Selain melembutkan, minyak kelapa dapat membuat kuku lebih bersinar dan kuat.

5. Krim bawah mata

Kulit di bawah mata Anda tipis dan halus. Karena itu rentan terhadap garis halus, bengkak dan bintik hitam. Penerapannya, sebelum dioleskan dan dipijat di bawah mata, tepuk-tepuk sedikit secuil minyak kelapa di ujung telunjuk dan ibu jari untuk menghangatkan minyak sebelum dioleskan.

6. Mempercantik ikal rambut

Jika Anda ingin memperoleh tampilan rambut ikal atau bergelombang yang cantik dan bersinar, Anda dapat menggunakan minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kelapa (virgin coconut oil) di sela jari Anda, kemudian oleskan pada rambut yang telah digulung dengan alat roll atau pengeriting. Minyak kelapa dapat mempertahankan tekstur keriting rambut lebih lama.

7. Memancarkan sinar kulit

Kulit bersinar dan tampak segar dapat terjadi bila kulit memiliki kelembaban yang baik, terutama di dahi, tulang pipi, dan dagu. Jika ketiga bagian ini terhidrasi dengan baik, maka dipastikan kulit wajah Anda terlihat bersinar. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengoleskan sedikit minyak kelapa di tiga bagian itu.

8. Pembersih make up

Ambil satu sendok teh minyak kelapa lalu oleskan di atas kapas. Minyak kelapa (virgin coconut oil) harus berada dalam keadaan suhu kamar. Setelah itu baru usapkan di atas wajah secara perlahan, dan jangan menekannya terlalu kuat. Setelah itu, cuci muka dengan handuk yang telah dicelup air hangat.

9. Lulur scrub

Gunakan sedikit pasir pantai atau gula yang dicelupkan ke dalam minyak kelapa (virgin coconut oil), lalu oleskan di atas permukaan kulit tubuh, gosok perlahan untuk merontokkan sel kulit mati dan daki di tubuh Anda. Jangan gosok terlalu kuat supaya tidak iritasi.

10. Krim cukur

Hangatkan satu gelas minyak kelapa (virgin coconut oil) di dalam air panas, kemudian oleskan di bagian tubuh yang ingin Anda cukur. Lalu biarkan pisau cukur Anda meluncur lembut di atas kulit dan merontokkan seluruh bulu yang ingin Anda hilangkan. Tekstur minyak kelapa yang kental dan cair dapat melindungi kulit Anda dari lecet.

Selain itu, Times of India juga menuliskan dalam laman webnya bahwa ada 3 manfaat tambahan dari minyak kelapa. Seorang ahli herbal menungkapkan bahwa minyak kelapa merupakan salah satu cara terbaik untuk mengobati gangguan kulit.

1. Jerawat dan bekas jerawat

Minyak kelapa dalam hal ini tidak hanya membantu membersihkan pori-pori tapi juga mengurangi komedo. Selanjutnya, bekas jerawat juga dapat diobati dengan menggunakan minyak kelapa.

2. Kulit gatal

Minyak kelapa terbukti dapat membantu mengobati kulit Anda yang gatal.

3. Menyembuhkan ruam kulit

Ruam kulit pada Anda dapat diatasi dengan ruam kulit. Dengan minyak kelapa, kulit Anda akan menjadi super lembut dan dapat mengurangi terjadinya ruam.

Cukup banyak manfaat yang akan didapatkan dari minyak kelapa ini. Jika Anda mengalami beberapa masalah yang berkaitan dengan hal-hal di atas, selamat mencoba khasiat luar biasa dari minyak kelapa. (Destur)

Destur PJ ,S. Kep :Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

This website uses cookies.