12 Sifat Buruk Istri yang Harus Dibasmi

Rumah tangga bahagia menuntut keselarasan dalam berkehidupan. Selaras dalam menjalin hati bersama suami serta tentunya selaras dalam menerapkan syar’iat dalam lingkup keluarga tersebut. Bergelut dengan berbagai rutinitas dapat menghadirkan berbagai corak masalah. Karakter suami dan karakter istri tidaklah mudah untuk diselaraskan. Namun setidaknya, upaya untuk terus menyatukan hati dalam bingkai visi misi keluarga sakinah tidaklah membuat perbedaan itu semakin menjadi kayu bakar. Sikap suami yang gagah membina keluarga dan sikap istri yang santun melayani suami adalah cerminan hati yang lapang untuk menerima tiap kurang dan lebihnya pasangan.

Dalam kesempatan ini, kita akan sedikit buka tentang sikap buruk dari salah satu pasangan. Cerminan sifat buruk seroagn istri tidak lepas dari bagaimana suami membinanya. Maka, untuk melihat seberapa sukses suami membina istri, bisa dilihat dari seberapa baik sifat istri setelah menikah dengan si suami.

Beberapa sifat buruk istri ditorehkan dalam kitab Ensiklopedi Praktis Muslimah karya Kholid Al Husainan. Ada 12 poin yang hendaknya direnungkan oleh para istri. Apakah memiliki sifat buruk istri ini ataukah tidak.

  1. Bersikap kekanak-kanakan dalam meminta harta
  2. Menuntut lebih dari kebutuhannya karena terpengaruh pola hidup wanita lainnya.
  3. Suka membangkang
  4. Berbicara lancang kepada suami
  5. Membuka aib rumah tangga
  6. Menyusahkan suami dan merendahkannya di hadapan orang lain
  7. Sering keluar rumah
  8. Kasar dan tidak sopan
  9. Tidak menaati suami dan mengingkari kebaikannya
  10. Meremehkan kewajiban rumah tangga
  11. Terlalu ingin mengorek rahasia suami
  12. Upaya sebagian wanita untuk menerapkan semua apa yang didapakan dari keluarganya pada rumah suaminya meskipun sebenarnya hal itu tidak cocok.

Semoga dapat menjadi bahan perenungan. Dua orang menentukan untuk menikah bukanlah untuk saling mencari kelemahan. Melainkan untuk saling melengkapi kekurangan itu agar menjadi kelebihan yang baik. Bukan sikap bijak jika akhirnya suami kemudian mencela istri akibat hal-hal di atas. Bukan pula sikap yang baik tatkala istri membanggakan hal di atas ketika melekat pada dirinya. Bersama mencari kekurangan dalam keluarga untuk kemudian dicari solusi secara bersama-sama.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker