Waspada Bahaya Kolam Renang Bagi Anak

0

Berenang merupakan bagian dari sunnah Nabi yang harus diajarkan kepada anak-anak. Anak sangat suka bermain air, maka terkadang ketika hujan turun mereka amat gembira. Berenang bagi anak sangatlah baik. Dengan berenang, anak akan mendapatkan latihan motorik yang sempurna. Namun perlu diingat, bahaya tetap mengintai anak saat berenang. Bahaya kolam renang bagi anak harus diperhatikan dengan seksama oleh orang tua.

Kolam renang bisa menjadi tempat penyebaran penyakit. Kolam renang yang jarang dibersihkan adalah habitat utama mikroorganisme berkembang biak dan tumbuh.

Pusat pengendalian dan pencegahan penyuakit di India menjelaskan bahwa menambahkan zat klorin tetap menyisakan bakteri. Bahkan meskipun disaring dengan mesin penyaring pun, tidak begitu efisien untuk membunuh bakteri dan virus. Anak yang masih baru belajar berenang, ia akan meminum banyak air. Bukan cuma anak-anak, dewasa pun terkadang meminum air dari kolam renang. Namun tentunya tingkat daya tahan tubuh anak berbeda dengan dewasa. Bahaya kolam renang mengintai anak jika kondisi imunitas anak sedang menurun.

Dilansir India Times (25/9/2015), penyakit yang dapat ditimbulkan dari kolam renang disebabkan oleh kuman yang menyebar secara perlahan.

Terlebih kolam renang dipakai secara bersama-sama yang tidak semua orang dapat dipastikan sehat tatkala itu. Maka orang tua harus menjaga putra-putrinya agar terhindar dari bahaya kolam renang terutama perkembangbiakan virus dan bakteri.

Tinggalkan Komentar