Ummu Darda Ash Shughro, Teladan Hebat, Seorang Faqih dan Ahli Ibadah

Senyumperawat.com – Ummu Darda Ash Shughro rodhiyallaahu ‘anha merupakan istri dari Abu Darda’ rodhiyallaahu ‘anhu. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya Abu Darda’ merupakan salah seorang sahabat yang sangat dekat Rosul shollallaahu ‘alayhi wa sallam. Abu Darda’ memiliki semangat yang luar biasa untuk beribadah hingga ia pun ditegur oleh sahabat Salman Al Farisi untuk menyeimbangkan antara urusan dunia dan akhirat. Beliau amat mudah untuk diingatkan agar tetap taat. Serupa dengan kualitas istrinya, Ummu Darda’.

Ummu Darda’ terkenal sebagai seorang shohabiyah yang banyak sekali hafalan haditsnya. Ummu Darda banyak meriwayatkan ilmu dari sang suami, Salman Al Farisi, Ka’ab bin ‘Ashim, ‘A-isyah dan juga Abu Huroiroh rodhiyallaahu ‘anhum.

Para ‘ulama dari kalangan sahabat pun mengakui kualitas ilmu dari Ummu Dard’.

Makhul menceritakan tentang Ummu Darda, “Ummu Darda juga seorang yang faqih (ahli ilmu).”

Aun bin ‘Abdullah menuturkan, “Jika kami datang menemui Ummu Darda, kami dapat ikut berdzikir kepada Allah disisinya.”

Yunus bin Maisaroh berkata tentang Ummu Darda, “Kaum wanita biasa beribadah bersama Ummu Darda’ rodhiyallaahu ‘anhu. Jika mereka merasa lemah untuk bangun malam, mereka bergelantungan dengan tali.”

Betapa tangguhnya Ummu Darda’ dalam mendampingi suaminya sehingga dapat membagi tugas. Dari beragam tutur kata para ‘ulama sahabat tersebut, tentu dapat disimpulkan bahwa Ummu Darda’ memiliki hasanah ilmu yang banyak dan termasuk di antara ahli ibadah.

Muslimah akhir zaman, banyak yang tidak kenal sosok Ummu Darda. Bukan karena kurangnya ilmu tapi memang enggan untuk mencari ilmu. Membaca kisah dan kiprah para shohabiyah akan memberikan motivasi agar kita bisa lebih menghayati betapa pentingnya meningkatkan kualitas iman dan taqwa.

Source: Isham bin Muhammad Asy Syarif, Panduan Tarbiyah Wanita Shalihah
Red: Destur

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker