Tips Penanganan Luka Bakar Untuk Anak di Rumah

0

Anak-anak ketika melihat plastik yang terbakar lalu meleleh, seolah dianggap mainan. Hampir semua anak mengalami saat-saat dimana mereka bermain plastik yang dibakar. Akibat yang ditimbulkan pun ternyata cukup memberikan bekas luka yang tampak jelek. Inilah bahayanya luka bakar. Tips penanganan luka bakar untuk anak tentunya harus dipelajari dengan baik oleh orang tua. Bukan bermaksud mengharapkan agar anak terkena luka bakar, tapi sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu musibah melanda anak kita.

Penanganan pertama pada kecelakaan luka bakar anak, harus diatasi segera. Penanganan luka bakar untuk anak tentunya lebih berbahaya daripada dewasa. Hal ini karena kulit anak belumlah setebal dan sekuat orang dewasa.

Berikut ini tips penanganan luka bakar untuk anak yang bisa ayah atau bunda lakukan sebelum dibawa ke petugas medis terdekat.

  1. Kaidah awal ketika menghadapi musibah adalah berdzikir kepada Allah dengan mengucapkan istirja’ yaitu “Innaa lillaahi wa innaa ilayhi rooji’uun”.
  2. Berikutnya adalah mengedepankan sikap tenang, jangan panik karena jika panik justru akan menambah masalah psikologis. Tenangkan anak jika menangis dengan teknik distraksi atau mengalihkan perhatian.
  3. Lihat bagian luka bakar anak dan pastikan bagian yang terluka tidak diusap terlebih dahulu karena kulit anak dapat terkelupas akibat melepuh. Dinginkan bagian luka bakar dengan air mengalir selama 10-20 menit. Jangan gunakan air es, cukup air biasa saja. Jangan pula gunakan mentega, odol atau sejenisnya.
  4. Ketika mendinginkan luka bakar dengan air mengalir, perhatikan kembali luka bakar. Jika hanya sebatas ruam kemerahan saja maka itu termasuk luka bakar ringan yang akan sembuh dalam jangka waktu tidak lama.
  5. Jika ditemukan bula, gelembung yang berisi cairan pada luka bakar maka setelah didinginkan, segera bawa anak ke petugas medis terdekat, Puskesmas atau Rumah Sakit.
  6. Dokter atau petugas medis akan meresepkan salep luka bakar dan tentunya orang tua minta diajarkan bagaimana cara perawatan berikutnya tergantung tingkat keparahan luka bakar.

Luka bakar ringan akan sembuh dalam waktu kurang dari 6 hari. Luka bakar sedang memerlukan waktu yang lebih lama yaitu 20 hari. Luka bakar yang berat tentu akan mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.