Tips Merawat Jenggot yang Harus Anda Pahami

0

Jenggot adalah sebuah hal yang patut dirawat dengan baik. Sebagai seorang muslim, jenggot adalah identitas yang sah karena Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wa sallam dan para sahabat rodhiyallaahu ‘anhu pun berjenggot. Rosul saja mengajarkan untuk memanjangkan jenggot maka sebagai umatnya harus mengikuti gaya busana Rosul dan tidak mencela sunnah ini. Dalil tentang bagaimana seharusnya jenggot dibiarkan panjang dan bagaimana seharusnya kumis dipotong tentunya sudah tidak asing lagi. Rosul pun mengajarkan untuk tampil bersih, wangi dan merawat jenggot dengan baik. Tentu para sahabat pun punya tips merawat jenggot yang harus kita teladani.

Paradigma yang sedikit menyimpang atau memang diselewengkan diera ini adalah jenggot dianggap sebagai penampilan yang kumuh. Bahkan tenaga kesehatan pun tidak jarang mendapatkan diskriminasi ketika mengamalkan sunnah ini. Sebut saja saya dan beberapa teman saya saat kuliah dulu. Kami yang berusaha mengamalkan sunnah jenggot ini, mendapatkan sanksi dan intimidasi. Kami diancam dengan bermacam-macam hukuman. Suatu ketika ada salah satu dari teman saya yang dipanggil ke kantor dan jenggotnya dipotong secara paksa oleh sang dosen.

Jenggot hendaknya dirawat dengan baik. Sunnah Rosul itu indah dan keindahan itu identik dengan kebersihan, kerapian dan tentunya kesehatan. Beberapa tips berikut ini untuk merawat jenggot semoga dapat memberikan tambahan informasi dan perubahan perilaku kita yang kurang rapi.

  • Gunakan sampo secara rutin untuk merawat jenggot agar tetap halus.
  • Gunakan kondisioner sebagaimana rambut di kepala. Bisa juga gunakan minyak zaitun.
  • Hindari produk perawat rambut yang bersifat komedogenic karena dapat menyumbat pori-pori wajah sekitar janggut.
  • Rapikan jenggot setidaknya setiap segenggam baru selebihnya dari segenggam dipotong.
  • Pakai alat cukur yang bagus. Jika pun punya alat cukur elektrik maka itu akan menghasilkan jenggot yang lebih rapi.
  • Konsumsi suplemen yang mengandung biotin serta vitamin B kompleks dapat memperkuat rambut (termasuk janggut).

Penulis: Destur Purnama

Tinggalkan Komentar