Tips Memilih Sabun Sesuai Keperluan Kulit

Tips Memilih Sabun Sesuai Keperluan Kulit

Memilih sabun untuk kulit tidaklah sembarangan. Tidak sedikit orang yang alergi terhadap sabun tertentu. Fakta ini terjadi dikeluarga saya. Di keluarga kami, ada anggota keluarga yang kulitnya sangat selektif dalam memilih sabun. Sabun antiseptik misalkan, ada merk tertentu yang sangat dijauhi olehnya karena membuatnya gatal-gatal. Ada juga yang sangat anti dengan beberapa merk detergen karena dapat membuat kulitnya menjadi melepuh. Amat beragam jenis kulit kita sehingganya tips memilih sabun yang cocok bagi kulit adalah penting.

Sabun Body Wash
Sabun cair amat cocok bagi yang suka jika kulitnya semakin lembut. Sabun cair mengandung pelembab sehingga dapat terhindar dari kulit kering. Sabun Body Wash menjadi pilihan tepat bagi yang kulitnya mudah sekali kusam karena kering. Biasanya label yang terdapat pada jenis sabun Body Wash diberikan nama Moisturizing.

Sabun Padat
Sabun padat/batangan biasanya lebih dikhususkan untuk jenis sabun antiseptik. Faktanya adalah sabun antiseptik lebih sedikit mengandung pelembab kulit. Hal berimbas pada kulit yang tampak kering. Kandungan sodium hidroksida di dalam sabun padat memang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Kandungan sodium hidroksida dalam sabun batang cukup berperan dalam membuat kulit menjadi kering. Pilih sabun padat (batang) yang mengandung banyak emolien untuk menjaga kelembapan kulit.

Shower Gel
Shower gel berbentuk cair persis seperti sabun Body Wash. Perbedaan shower gel dengan sabun Body Wash adalah pada tingkat viskositas. Sabun Shower Gel lebih kental dan biasanya mengandung lebih banyak pewangi. Jenis sabun ini cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Jika ingin memilih sabun jenis ini, mandi akan lebih menyenangkan namun harganya pun lebih mahal daripada sabun batang dan body wash.

Share

COMMENTS