Semangat, Meskipun Lumpuh Ia Tetap Berusaha Sholat Berdiri

0

Sholat adalah sebuah kewajiban bagi tiap muslim. Pelaksanaan sholat pun tidak boleh asal karena harus sesuai dengan tuntunan Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wa sallam. Sholat merupakan ibadah khusus sehingga jika tidak sesuai dengan tata cara yang sudah dituntunkan maka bisa saja ibadah sholatnya tidak diterima. Misalkan kurang puas dengan bacaan dalam sholat yang sudah diajarkan dalam hadits lalu ditambahkan dengan kalimat-kalimat yang dianggap baik. Sekali pun makna kalimat itu baik tapi jika tidak ada dalam tuntunan maka tertolak. Baik itu menambahkan atau mengurangi, keduanya akan tertolak dengan sendirinya. Sholat pun dapat dikerjakan dengan duduk, berbaring atau sholat berdiri dalam kondisi normal.

Sebuah video yang cukup patut kita tiru semangatnya beredar di Facebook. Video ini cukup singkat namun syarat dengan motivasi. Tampak dalam sebuah video tersebut, seorang yang tidak mampu berdiri. Ia tampak mengalami kelumpuhan. Meskipun demikian, ia sangat bersemangat untuk mengerjakan sholat. Dengan dibantu seseorang, ia pun mengerjakan sholat. Saat berdiri, ia dibantu dengan disangga dari belakang. Hingga ke gerakan-gerakan berikutnya ia pun tidak lepas dari bantuan.

Cukup kontras dengan kaum muslimin saat ini. Banyak dari kita yang sehat tapi menyia-nyiakan kesehatan itu untuk meninggalkan sholat. Betapa banyak orang di luar sana yang menyibukkan diri dengan pekerjaannya sehingga tidak menghiraukan kumandang adzan. Mereka terbuai dengan gemerlap uang dan melalaikan untuk melaksanakan kewajiban sebagai seorang beragama.

Semangat yang luar biasa dalam beribadah harus didasari dengan ilmu. Inilah hikmah kedua selain semangat dalam beribadah. Islam itu mudah dan tidak akan memberatkan pemeluknya. Dalam Islam, banyak sekali kemudahan-kemudahan yang diberikan bagi orang-orang yang lemah. Baik sakit atau karena usia yang sudah tidak muda lagi. Sholat pun sebagaimana disebutkan di muka, dapat dikerjakan dengan berdiri, duduk atau berbaring. Sholat dengan berdiri adalah yang paling utama. Sholat berdiri dikerjakan oleh orang-orang yang tidak mengalami gangguan. Sholat dengan duduk dan berbaring tentu diperuntukkan bagi muslim yang tidak kuat untuk melakukan sholat dengan berdiri. Semua ada ilmunya dan harus selalu kita pelajari. Sebagaimana hadits yang kita ingat selalu bahwa menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.

 

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.