Sejumlah Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

0

Merawat kulit adalah kewajiban bagi manusia. Bukan hanya manusia, hewan pun senantiasa merawat kulit atau bulu mereka. Sebut saja Kucing yang sering menjilati bulunya. Ada pula Badak dan kuda Nil yang sering melumuri kulitnya dengan lumpur untuk menjaganya dari sengatan matahari.

Makanan yang kaya antioksidan, seperti ikan, buah-buahan, dan sayuran, akan sangat membantu melindungi kulit. Beberapa studi menunjukkan bahwa untuk menghindari munculnya jerawat, beralihlah untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks (seperti biji-bijian dan pasta) dan protein yang sehat.

Makan makanan yang kaya vitamin C dan E, ditambah mineral selenium. Ketiga unsur ini dapat membantu melindungi kulit Anda terhadap kerusakan akibat matahari. Mereka bahkan dapat membantu mengembalikan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan perubahan warna kulit.

Berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu menyehatkan kulit. Aliran darah yang lebih baik dapat membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi. Kondisi ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kandungan kolagen yang cukup akan mengurangi gari-garis keriput. Jangan khawatir perihal keringat yang membanjiri tubuh. Keringat hasil olahraga tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Cuci wajah Anda tepat setelah olahraga. Hindari penggunaan ikat kepala yang ketat karena ia dapat menyerap keringat dan justru mengiritasi kulit.

Tidur yang cukup. Setidaknya 7-8 jam menurut Webmd.com. Sebagai seorang muslim, tidur cukuplah sebatas beberapa jam saja. Tidur bukanlah soal durasi atau lama tidur. Tidur adalah berkaitan dengan tingkat kualitas. Jika tidur sebentar tapi tubuh sudah merasa bugar maka itulah tidur yang berkualitas. Tidur dengan posisi wajah menghadap bantal akan membantu meningkatkan keriput pada wajah. Tidurlah dengan posisi terlentang atau miring ke kanan sesuai kebiasaan Rosul.

Cuaca dingin atau berangin seperti misalkan pada saat musim kemarau, akan mengakibatkan kulit kering. Atasi dengan minum air secukupnya.

Rajinlah berwudhu dengan air bersih. Wudhu sebelum atau setelah bepergian. Selain mendapatkan pahala, wajah pun akan tetap bersih. Upayakan air yang digunakan pun bersih. Bukan justru membuat kulit terasa kusam atau kotor. Dapat pula menggunakan sabun wajah yang cocok dengan karakter kulit Anda.

Kafein dalam kopi dan teh ternyata membuat dehidrasi. Kopi dan teh dapat membuat kulit menjadi kering. Oleh karenanya setelah minum kopi atau teh upayakan menambahkannya dengan meminum air mineral. Sebuah penelitian yang masih dikembangkan menyatakan bahwa kafein justru baik jika diolehkan pada kulit terutama menangkal resiko kanker. Namun penelitian itu baru diteliti pada tikus. Sekarang masih dilakukan uji coba pada manusia.

Bercak hitam pada kulit, hendaknya dicegah daripada diobati. Bercak hitam pada kulit wajah biasa muncul pada ibu hamil atau yang sedang mengonsumsi pil KB. Peningkatan melanin merupakan penyebab munculnya bercak hitam pada wajah. Bercak hitam (Melasma) dapat dicegah dengan menggunakan tabir surya. Dapat pula diatasi dengan obat topikal hydroquinone, retinoid, asam azelaic, asam kojic, atau asam hidroksi yang meringankan bercak.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.