Ribuan Bidan Berunjuk Rasa Minta Diangkat Jadi PNS

0

Hari ini ribuanĀ bidan berunjuk rasa meminta diangkat menjadi PNS. Para bidan iniĀ melakukan long march dari patung kuda menuju ke Istana Kepresidenan.

Menurut laporan Liputan 6, ribuan bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) menggelar unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Gambir. Aksi ini dilakukan setelah belasan tahun mengabdi dengan gaji di bawah upah minimum regional (UMR).

Para bidan ini mengenakan seragam putih-coklat. Mereka menyuarakan aspirasinya untuk diangkat sebagai PNS.

Setelah beraksi selama sekitar 30 menit, mereka melanjutkan aksi menuju Istana. Para bidan ini berjalan di lajur lambat Jalan Medan Merdeka Barat. Akibatnya arus lalu lintas di kawasan tersebut terganggu. Aksi ini sendiri tampak mendapat kawalan dari polisi.

Para bidan dari berbagai daerah di pelosok Indonesia ini mengaku telah belasan tahun mengabdi, namun hanya dihargai dengan upah di bawah UMR. Untuk itu mereka menuntut pemerintahan Jokowi-JK untuk segera mengeluarkan SK pengangkatan.

“Kami meminta diangkat sebagai pegawai negeri sipil, kami sudah bertahun-tahun bekerja. Padahal pemerintah sudah berjanji akan mengangkat bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) menjadi pegawai tetap,” kata salah seorang pendemo, Liliek Dian di depan Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2015).

Mereka juga meminta kepada Menteri Tenaga Kerja agar menghapus potongan cuti melahirkan. Sebab menurut para bidan, hal tersebut tidak manusiawi.

Para bidan mengecam pemotongan cuti melahirkan menjadi 40 hari yang dianggap sebagai kebijakan terburuk dalam sejarah bidan.

“Kami juga mengecam pemotongan cuti melahirkan menjadi 40 hari,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar