Potret Muslimah, Teladan Amroh binti Abdurrohman

Amroh adalah seorang wanita Anshor dari Bani Najjar, Madinah. Teladan Amroh salah satunya adalah ia merupakan muslimah yang faqih. Amroh berguru langsung kepada ‘A-isyah rodhiyallaahu ‘anha.

Amroh menguasai banyak ilmu. Beliau meriwayatkan banyak hadits dari ‘A-isyah, Ummu Salamah, Rofi’ bin Khudaij dan dari Ummu Hisyam binti Haritsah.

Teladan Amroh binti ‘Abdurrohman bin Sa’ad bin Zuroroh dalam menguasi ilmu hadits patutlah membuat iri.

Ayub bin Suwaid meriwayatkan dari Yunus dari Ibnu Syihab dari Qosim bin Muhammad bahwa beliau berkata kepadaku, “Wahai anak muda! Aku melihat engkau sanga tsenang menuntut ilmu, maukah kau aku beri tahu sumber ilmu yang banyak?” Aku menjawab, “Tentu saja aku mau.” Ia berkata lagi, “Datanglah kepada Amroh karena ia langsung di bahwa bimbingan ‘Aisyah rodhiyallaahu ‘anha.” Kemudian ia melanjutkan, “Lalu aku pun mendatanginya dan aku mendapatkan ilmu yang sangat banyak darinya.” [Siyar A’lamin Nubala’ (IV/507-508)]

Berguru pada orang yang pakar dibidangnya merupakan salah satu sifat para salaf. Mereka tidak mengambil ilmu yang sumbernya tidak jelas. Cukup kontras pada era ini, ilmu yang bersumber dari sumber-sumber tidak jelas pun justru banyak diminati.

Terkait dengan ilmu syar’i, tentunya sumber yang sah adalah AL Quran dan Sunnah serta Ijma’ para sahabat. Teladan Amroh bin Saad binti Abdurrohman ini merupakan salah satu panutan yang semestinya ditiru. Beliau mencari ilmu kepada sumbernya.

Pos terkait