Perawat Dipenjara 4 Bulan Akibat Komentar Fb

0
Bello, perawat yang dipenjara karena komentarnya di Fb tentang SIngapura. (Pict. www.theonlinecitizen.com)

Seorang perawat dipenjara 4 bulan. Akibat ulahnya yang tidak menjaga etika dalam media sosial, hukuman tegas pun didapatkan. Pengadilan negara Singapura memberikan vonis kepada perawat ini karena ia telah melontarkan komentar dalam jejaring sosial yang menghina rakyat Singapura.

Perawat yang dipenjara ini bernama Ello Ed Mundsel Bello (29) asal Filipina, mantan pegawai rumah sakit Tan Tock Seng yang dikelola negara. Pada Januari lalu, Bello menulis komentar di Facebook yang menghina warga Singapura, dan menyerukan pengambilalihan Singapura oleh negaranya.

Jaksa Judge Siva Shanmugan memvonis Bello tiga tahun penjara atas kasus penghasutan via Facebook, dan sebulan karena berbohong saat disidik kepolisian Singapura.

Singapura memberlakukan hukuman bagi warga setempat dan orang asing yang terbukti melakukan penghasutan sehingga menyebabkan ketegangan etnis.

Pada 2 Januari lalu, Bello menulis status di akun Facebook. “Warga Singapura adalah pengecut di negerinya sendiri. Kami mengambil pekerjaan mereka, masa depan mereka, perempuan mereka, dan segera kami akan mengusir semua pengecut dari negara mereka sendiri, ha-ha-ha.”

Dalam status selanjutnya, Bello menulis, “Kami akan mengusir semua warga Singapura, dan SG (Singapura) akan menjadi negara bagian Filipina.”

Setelah mendapat kecaman dari warga Singapura, Bello segera menghapus status tersebut dan mengaku kepada kepolisian bahwa akun Facebook miliknya diretas orang. Namun, lama-lama pria tersebut mengakui bahwa ia telah menulis soal penghinaan tersebut.

Source: Kompas.com

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.