Penyebab Sakit Kepala Itu Apa Saja?

Sakit kepala bagi sebagian orang adalah sebuah anugrah, namun sebagai orang normal tentunya sakit kepala adalah gangguan. Sakit kepala menjadi sebuah anugrah bagi para siswa pemalas yang enggan berangkat sekolah sehingga bisa jadi alasan untuk bolos. Terlepas dari itu, penyebab sakit kepala ternyata bisa ditimbulkan oleh makanan. Beberapa makanan penyebab sakit kepala akan dibahas pada paragraf-paragraf berikutnya.

Miras
Miras tentunya bukanlah es, meskipun es juga bisa disebut minuman keras karena bentuknya membantu. Miras lebih tetap disebut dengan racun. Minuman beralkohol yang bisa membuat mabuk ini membuat sebagian orang menjadi penyebab sakit kepala setelah mengonsumsi minuman keras. Reaksi tersebut paling banyak berasal dari minuman jenis anggur merah, dibandingkan anggur putih. Umumnya, mereka yang sensitif terhadap anggur merah, juga memiliki kecenderungan yang sama terhadap cokelat.

Minum es
Beberapa orang ketika minum es, dapat menjadi penyebab sakit kepala. Sebenarnya ini adalah reaksi tubuh terhadap rasa dingin. Minum es yang dapat memicu sakit kepala adalah ketika minuman tersebut lebih banyak esnya dan diminum sekaligus habis sebanyak 1 gelas besar. Umumnya sakit kepala hanya berkisar sekitar 30-60 detik. Hendaknya minum es dengan cara yang santun tidak terburu-buru.

Kafein
Asupan kafein yang berlebihan akan meningkatkan kerja jantung. Kafein memang cukup cocok bagi orang yang suka begadang namun dampaknya lama-kelamaan cukup menyusahkan. Sakit kepala akibat kafein biasanya lebih berhubungan dengan hipertensi.

Zat perawarna dan nitrat
Zat-zat semacam ini dapat meningkatkan kerja jantung dan aliran darah ke otak pun semakin kuat. Hal ini akan membuat pembuluh darah otak mendapatkan beban yang berat untuk menahan laju sirkulasi darah.

Keju
Keju banyak mengandung tiramin yang dapat memicu sakit kepala. Makin lama fermentasi keju, maka makin besar kandungan tiraminnya. Makanan lain yang tinggi kandungan tiramin, seperti daging yang sudah diproses, acar, bawang merah, minyak zaitun, beberapa jenis biji-bijian, kismis, avokad, kacang-kacangan, dan sup dalam kaleng.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker