Penyebab Rontoknya Rambut dan Solusi Alaminya

Rambut rontok secara tidak wajar menjadi penghambat yang cukup meresahkan. Bagi seorang pria, rambut merupakan bagian dari keindahan. Namun seiring dengan bertambahnya usia, rambut akan kian menipis. Namun terkadang terjadi kelainan yang mengakibatkan rambut rontok sebelum waktunya. Bagi perempuan pun demikian, rambut adalah bagian dari keindahan. Penyebabnya rontoknya rambut dapat terjadi oleh berbagai hal. Baik internal mau pun eksternal.

Penyebab rontoknya rambut secara internal dapat terjadi akibat masalah hormonal. Dihydrotestosterone (DHT) diduga kuat menjadi penyebab terjadinya kerontokan rambut. Semakin tinggi kadar hormon DHT maka rambut akan semakin cepat dan banyak yang rontok. Penyebab rontoknya rambut para wanita lebih identik dipengaruhi oleh menopause, kehamilan dan dan penggunaan alat kontrasepsi sehingga hormon terganggu.

Masalah internal lain yang menjadi penyebab rontoknya rambut bisa karena Alopesia Areata. Ini merupakan kondisi dimana kepala tiba-tiba menjadi rontok dan botak sebagian. Hal ini dimungkinkan karena faktor genetik dan juga komplikasi penyakit lain.

Beberapa penyakit lain ichen planus, lupus eritematosus diskoid, skleroderma, dan folliculitis decalvans.

Faktor eksternal penyebab rontoknya rambut juga tidak kalah penting untuk diketahui. Ada beberapa penyebab rontoknya rambut yang sebenarnya dapat dicegah dengan pola hidup yang baik.

Asupan gizi yang kurang baik
Dalam hal ini, kandungan Zink dalam makanan adalah satu zat yang paling pengaruh. Tidak dipungkiri jika akhirnya ada merk sampo yang namanya serupa.

Terapi dengan Kemoterapi
Obat kanker sejenis kemoterapi yang diberikan secara intravena dapat mengakibatkan kerontokan rambut. Namun setelah terapi dihentikan, kerontokan dapat berhenti.

Stres
Banyak sekali penyakit yang akhirnya timbul akibat kondisi psikis yang kurang baik. Termasuk kerontokan rambut, kondisi stres dapat menjadi salah satu faktor penyebab rontoknya rambut.

Rebounding dan cat rambut
Rambut yang dirawat secara alami tentunya akan lebih sehat. Terlalu banyak dimacam-macamin akan mempengaruhi kesehatan rambut.

Salah satu penanganan rontoknya rambut adalah dengan tindakan medikasi. Menurut rilis yang diterbitkan Alodokter, kebotakan pria dapat ditangani dengan dua jenis obat, yaitu finasteride dan minoxidil. Sedangkan kebotakan wanita ditangani dengan minoxidil.

Selebihnya tentu menghindari penyebab atau memilih untuk menyukuri apa yang terjadi dengan kesabaran. Setiap penyakit ada obatnya dan Allah-lah yang kuasa menyembuhkan penyakit.

Dapat pula Anda coba beberapa tips alami untuk mengatasi penyebab rontoknya rambut. Diantaranya sebagai berikut:

Teh Hijau
Caranya cukup sederhana yakni dengan menyeduh setidaknya 2 kantong teh hijau lalu seduhan tersebut dioleskan ke bagian kulit rambut yang rontok dan biarkan kira-kira satu jam beberapa saat lalu bilas. Kandungan antioksidan dalam teh hijau cukup bagus untuk rambut.

Minyak kemiri
Minyak kemiri sudah terbukti sejak dulu dapat menumbuhkan rambut. Minyak kemiri dapat menjadi solusi rambut rontok. Teman saya sudah mencobanya dan terbukti. Bagian kulit rambutnya yang sudah jelas-jelas botak, setelah menggunakan minyak kemiri ini beberapa minggu kemudian rambutnya sudah mulai tumbuh.

Masih banyak cara alami yang dapat menjadi solusi rontoknya rambut. Semakin banyak belajar akan membuat kita semakin tahu solusi sederhana terhadap penyakit yang kita derita.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker