Penyebab Menurunnya Gairah Seks Saat Tua

Usia mempengaruhi segalanya, dapat dikatakan seperti itu. Termasuk dalam urusan seks. Para lansia akan mengalami penurunan daya untuk bisa melampiaskan gairah seksualnya. Penyebab menurunnya gairah seks ini tentunya bisa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Menurunnya gairah seks pada lansia disebabkan oleh emosional dan fisik yang berubah. Terutama dalam hubungan intim. Kunci untuk memenuhi kebutuhan seks pada lansia adalah menghabiskan sisa waktu bersama dengan pasangan. Dijelaskan pula dalam Healthsite (20/9/2015) bahwa komunikasi juga berpengaruh dalam masalah ini.

Faktor internal yaitu hormon pun merupakan faktor penyebab menurunnya gairah seks lansia. Para pria, mungkin saja masih bisa tegang tapi tidak bisa lama. Tentunya bagi perokok bisa dimungkinkan masa tuanya akan mengalami impotensi. Bagi perempuan, gejala menopause pun sudah mulai muncul. Bahkan ketika sudah pada kondisi menopause, untuk diajak sekedar saling raba pun keinginannya sudah amat jauh menurun.

Dijelaskan pula dalam Healthsite bahwa keterbatasan fisik lainnya ternyata juga mempengaruhi faktor menurunnya gairah seks. Munculnya penyakit seperti artritis, diabetes, hingga penyakit jantung juga mempengaruhi.

Percaya atau tidak, sebuah penelitian telah menyatakan bahwa hubungan seksual yang baik akan meningkatkan kinerja. Sebagaimana disebutkan di atas, pola komunikasi di masa tua justru lebih dominan diperlukan. Rasa yang begitu nyaman untuk selalu berdua adalah naluriah. Masa-masa untuk bisa minum teh bersama, melantunkan ayat Al Quran bersama, saling menasihati dengan mambacakan hadits. Tentu juga dengan saling muroja’ah hafalan Al Quran.

Jadi menurunnya gairah seks tidak perlu dirisaukan. Masih ada pola penyaluran lain yang bisa melengkapi hidup untuk menanti datangnya al maut. Kemesraan antara kakek dan nenek adalah hal langka. Bahkan ketika ada pasangan kakek-nenek yang sedang berponcengan dengan sepeda pun bisa membuat pengguna Facebook geger.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker